Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningktkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Sumberagung I Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Ninis Rodeyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningktkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Sumberagung I Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Ninis Rodeyah

Ninis (2010) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningktkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Sumberagung I Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Ninis Rodeyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rodeyah N. 2009. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sumberagung 1 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Progam Studi S1 PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Musa Sukardi M.Pd (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata kunci keterampilan proses prestasi belajar IPA SD Sebagai upaya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas wahana dan sarana yang paling strategis adalah pendidikan. Pembelajaran IPA selain untuk menjelaskan gejala-gejala alam dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari penguasaan keterampilan proses diperlukan pula dalam rangka menyelidiki alam sekitar. Kenyataannya penerapan PKP masih jarang dilakukan. Sebagian besar guru masih beranggapan bahwa suatu pengetahuan atau informasi dapat dipindah ke dalam otak siswa secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Sumberagung I melalui pendekatan keterampilan proses (2) kemampuan guru kelas IV SDN Sumberagung 1 dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses (3) aktivitas siswa kelas IV SDN Sumberagung 1 dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses (4) tanggapan guru kelas IV SDN Sumberagung 1 terhadap penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA (5) tanggapan siswa kelas IV SDN Sumberagung 1 terhadap penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi wawancara angket dan tes. Teknik analisis data yang dipakai adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Sumberagung I. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata nilai siswa pada pratindakan (57 4) siklus I (67 0) dan siklus II (86 1). Rata-rata aktivitas siswa juga meningkat pada siklus I (40 8%) dan siklus II (70 7%). Tanggapan guru dan siswa sangat mendukung pada pembelajaran IPA denan menerapkan PKP. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah (1) pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (2) kemampuan guru dalam menerapkan PKP mengalami peningkatan dari siklus I ke sikus II. (3) jumlah siswa dalam aktivitas belajar dengan pendekatan keterampilan proses mengalami peningkatan (4) tanggapan guru dan siswa dengan PKP dalam pembelajaran sangat mendukung. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) kepala sekolah hendaknya meningkatkan layanan fasilitas pembelajaran di SD (2) guru hendaknya menggunakan PKP iuntuk meningkatkan pemahaman konsep materi pelajaran IPA (3) mengingat pelaksanaan penelitian ini berlangsung pada satu sekolah saja maka peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan pada beberapa sekolah lain untuk mendapatkan temuan yang lebih signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105392

Actions (login required)

View Item View Item