Penerapan pakem untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Sungikulon Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Indah Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pakem untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Sungikulon Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Indah Widyastuti

Indah (2010) Penerapan pakem untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Sungikulon Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Indah Widyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK. Widyastuti Indah 2009. Penerapan PAKEM Untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sungikulon Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Musa Sukardi M.Pd. (2) Drs. Sutrisno S.Pd M.Pd Kata Kunci Penerapan PAKEM Pembelajaran IPA Prestasi belajar Keberhasilan guru dalam mengajar dapat dinilai berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Tujuan pembelajaran IPA pada jemjamg pendidikan dasar antara lain mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataanya pembelajaran IPA yang dilakukan di SDN Sungikulon selama ini menjadikan siswa sebagai subyek belajar yang pasif tidak mampu mengingat konsep yang telah dipelajari sehingga tidak mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Hal ini dapat dilihat rata-rata nilai yang dicapai 5 6 dengan 5 siswa (25%) mencapai ketuntasan dan 15 siswa (75%) belum mencapai ketuntasan. Untuk masalah tersebut digunakan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas IV melalui PAKEM (2) Tanggapan guru terhadap penerapan PAKEM siswa kelas IV SDN Sungikulon. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap-tahap (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian yang dipakai adalah rata-rata dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Sungikulon pada siklus I adalah 6 1. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pembelajaran IPA siswa kelas IV menunjukkan peningkatan yaitu 8 75. Selain itu terdapat temuan lain yaitu penerapan PAKEM dalam pembelajaran IPA menjadikan siswa aktif bekerja sama dalam kelompok berani bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru maupun teman yang lain serta menimbulkan rasa ingin tahu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada (1) guru SD hendaknya menggunakan PAKEM dalam pembelajaran IPA yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif (2) lembaga sekolah dasar diharapkan menyediakan perlengkapan yang diperlukan untuk menunjang pembelajaran IPA melalui pendekatan PAKEM (3) peneliti lanjutan diharapkan dapat melanjutkan tindakan ini dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang lebih tepat agar siswa lebih giat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105390

Actions (login required)

View Item View Item