Permainan ular tangga pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial dan hasil belajar siswa kelas II-A di SD Negeri Gununggangsir I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Suhermin - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan ular tangga pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial dan hasil belajar siswa kelas II-A di SD Negeri Gununggangsir I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Suhermin

UNSPECIFIED (2010) Permainan ular tangga pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial dan hasil belajar siswa kelas II-A di SD Negeri Gununggangsir I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Suhermin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhermin 2009. Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Interaksi Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas II-a di SD Negeri Gununggangsir I. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ruminiati M.Si (2) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. Kata Kunci Permainan Ular Tangga Pembelajaran Tematik Keterampilan Interaksi Sosial Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti selama satu semester permasalahan yang ditemukan yaitu siswa selalu bersaing untuk mendapatkan nilai yang tinggi siswa sulit diajak bekerjasama ketika belajar kelompok mau belajar kelompok namun tetap bekerja secara individual hanya 16 6% siswa yang mau menerima temannya hal tersebut membuat keterampilan interaksi sosial siswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan dan perlu bimbingan intensif secara sengaja dan terencana dengan menggunakan pembelajaran tematik yang dirancang sesuai dengan dunia anak yang masih melekat yaitu bermain. Melalui permainan ular tangga diharapkan keterampilan interaksi sosial siswa menjadi meningkat dan dengan menggunakan kuis/pertanyaan siswa menjadi termotivasi sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya pada tema hewan dan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permainan ular tangga pada pembelajaran tematik yang dapat meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa kelas II-a SDN Gununggangsir I dan mengetahui apakah penggunaan permainan ular tangga pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II-a di SDN Gununggangsir I. Penelitian ini dilakukan selama bulan Maret-April 2009 di SD Negeri Gununggangsir I kelas II-a yang terdiri dari 24 siswa. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan pengambilan data melalui observasi dengan rubrik tes wawancara dan catatan lapangan selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keterampilan interaksi sosial dalam aspek komunikasi kerjasama kontak sosial tanggung jawab dan keaktifan siswa sebesar 35% yaitu dari siklus I 41% ke siklus II 76% dari pra tindakan 16 6% dan ada peningkatan hasil belajar sebesar 22 67% yaitu dari siklus I 76 50% ke siklus II 89 17% dari pra tindakan 66 50%. Berdasarkan hasil penelitian selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa 1) permainan ular tangga pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa kelas II-a SDN Gununggangsir I 2) penggunaan permainan ular tangga yang didalamnya terdapat kuis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II-a SDN Gununggangsir I. Selanjutnya peneliti menyarankan agar guru selalu menciptakan iklim pembelajaran yang bernuansa sosial dan membimbing siswa secara intensif dalam pembelajaran menerapkan pembelajaran dengan menggunakan permainan yang dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa terutama siswa kelas rendah untuk perkembangan keterampilan sosial mereka menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif untuk membantu proses perkembangan sosial siswa terutama siswa kelas unggulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105389

Actions (login required)

View Item View Item