Penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa lkelas IV SDN Ranuklindungan I kecamatan Grati kabupaten Pasuruan / Widat Maulukhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa lkelas IV SDN Ranuklindungan I kecamatan Grati kabupaten Pasuruan / Widat Maulukhi

Widat (2009) Penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa lkelas IV SDN Ranuklindungan I kecamatan Grati kabupaten Pasuruan / Widat Maulukhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya minat belajar dan daya serap siswa terhadap bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial mengakibatkan prestasi belajar siswa juga rendah. Hal ini antara lain disebabkan oleh metode yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan pembelajaran menjadi tidak menarik. Oleh karena itu dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diantaranya melalui penggunaan metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS dan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penggunaan metode diskusi dengan materi Sumber Daya Alam yang Berhubungan dengan Kegiatan Ekonomi. Pelaksanaan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas( PTK ) yang dilakukan dalam 2 siklus masing-masing siklus satu kali pertemuan (3x35 ).Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ranuklindungan I.Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang proses pembelajaran sedangkan dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang prestasi siswa dilihat dari pretes dan post tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS dengan nilai rata-rata pra tindakan 68 siklus I 76 dan siklus II 90. Selain itu keaktifan siswa juga menunjukkan peningkatan dengan rata-rata siklus I 76 dan siklus II 80. Bertitik tolak dari hasil penelitian beberapa saran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai berikut (1) guru hendaknya berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan pengetahuan kemampuan dan ketrampilan siswa dalam proses pembelajaran melalui berbagai pendekatan dan latihan (2) guru hendaknya menggunakan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS atau pelajaran lain sesuai dengan materi yang akan dipelajari (3) bagi siswa hendaknya dapat memanfaatkan diskusi ini sebagai sarana tukar pendapat melatih keberanian berbicara dan menghargai pendapat orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105328

Actions (login required)

View Item View Item