Nugroho, Danis Setyo Budi (2011) The teaching of speaking to the tenth grader students of Ototronik Class at SMK Negeri 10 Malang: the instructional media, activities, and students responses / Danis Setyo Budi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Berbicara media foto Penelitian ini bermaksud untuk mengemukakan bagaimana penggunaan foto dalam pembelajaran sebagai perangsang produksi dialog bebas oleh siswa. Penelitian ini di selenggarakan di SMK Negeri 10 Malang karena guru bahasa Inggeris di sekolah ini telah menggunakan foto sebagai media belajar. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa inggris dan siswa kelas 10 jurusan Ototronik SMK Negeri 10 Malang. Penemuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa guru bahasa Inggris kelas berbicara dan mendengarkan menggunakan foto di tiap topik yang terdapat di buku pegangan. Terdapat tiga foto yang telah digunakan oleh guru mata pelajaran selama penelitian berlangsung. Foto digunakan sebagai bagian dari pembelajaran. Foto-foto tersebut digunakan sebagai mengenalkan topik yang akan dibahas dan juga sebagi perangsang bagi siswa untuk mengekspresikan ide dalam dialog bebas. Lebih jauh selama pelajaran bahasa berbicara bahasa Inggris guru menggunakan tiga foto yang berbeda. Guru menggunakan beberapa aktivitas kelas yaitu brainstorming drilling role-playing dan tanya jawab. Temuan terakhir dari penelitian ini adalah tentang respon dari siswa akan penggunaan foto sebagai media ajar dalam kelas berbicara. Hasilnya menunjukan siswa lebuh tertarik dalam foto pertama. Yaitu untuk aktivitas berbicara sebagian besar siswa menyukai aktivitas yang di kendalikan oleh guru. Disamping itu peneliti masih menemukan siswa yang kesulitan dalan berbicara dalam kelas. Berdasarkan hasil dari penelitian peneliti membuat beberapa kesimpilan dan saran untuk penggunaan foto dalam kelas berbicara di SMK Negeri 10 Malang. Peneliti menyimpulkan bahwa guru tersebut menggunakan foto untuk mengenalkan topik yang akan di sampaikan dan untuk merangsang pengetahuan siswa. Selain itu aktivitas yang telah dilakukan di dalam kelas adalah untuk mengembangkan kepekaan siswa dalam pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif di dalam kelas. Selanjutnya siswa secara umum menyukai foto yang diberikan oleh guru dan juga kegiatan yang diberikan oleh guru. Disamping itu peneliti juga membuat saran. Saran pertama ditujukan kepada guru mata pelajaran bahasa Inggris kelas satu SMK Negeri 10 Malang. Saran tersebut berhubungan dengan penampilan foto dan kegiatan kelas. Untuk foto guru disarankan untuk memberi waktu cukup untuk mengamati foto tersebut yang bertujuan mencipatakan ide mereka tentang foto tersebut. Selanjutnya untuk kegiatan berbicara guru harus memberi instruksi yang lebih jelas kepada siswa sebelum memulai aktifitas belajar untuk menghindari kesulitan siswa. Saran kedua ditujukan kepada guru lain. Mereka disarankan untuk menggunakan media yang menyenangkan seperti foto dalam kegiatan belajar. Saran terakhir ditujukan kepada peneliti lainnya yang tertarik menyelenggarakan penelitian menggunakan foto sebagai media instruksi. Mereka disarankan untuk melakukan penelitian lebih mendalam dalam implementasi foto dalam pengajaran berbicara dalam kelas bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |