Pramudiyanti, Pramudiyanti (2019) Pengembangan Buku Biologi Sel Berbasis Ragam Media Berbantuan Matriks Pertanyaan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Komunikasi (Kajian Lesson Study),. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
KajianiniberdasarkanpadapentingnyamengembangkanketerampilanberpikirdankomunikasisertapenguasaankonsepbagimahasiswadalampembelajaranBiologiSel.Mengembangkanketerampilanberpikirmembutuhkanstimulusyangtepatdengancara-carayangmudahdilakukanolehmahasiswa.Stimulusberpikirdapatberbentukpertanyaanuntukmerangsangmemoriotakdandapatberbentukmediavisualatauaudiountukmerangsanginderamerekampengalamanbelajar.Mediatersebutdapatberbentukbukuajaryangberisiteksgambardanvideoyangdinamakanbukuajarberbasisragammedia.KegiatanpenelitiandilandasidengankegiatanLessonStudyuntukmemaksimalkanpemberianperlakuandanmeningkatkandayapegamatanpeneliti.Penelitianinimemusatkanperhatianpada(1)pengembanganbukuajarBiologiSelberbasisragammedia(2)pengaruhpenggunaanbukuajarterhadappenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisdanketerampilankomunikasimahasiswapadapembelajaranBiologiSel.Penelitianmerupakanpenelitianpengembanganmenggunakanmodelpengembangan4D(Thiagarajan1974).Tahapanpengembanganbukuajarmeliputiempattahapan(1)tahappendefinisian(Define)(2)tahapperancangan(Design)(3)tahappengembangan(Develop)dan(4)tahappenyebaran(Disseminate).Instrumenpenelitianuntukujicobaprodukbukuajarmeliputi(1)lembarvalidasibukuajardanperangkatpembelajaran(RPSSAPSoaltespenguasaankonsepdanketerampilanberpikirkritis(2)lembarobservasikegiatanbelajarmahasiswa(3)lembarobservasiketerampilankomunikasilisan(4)lembaranrubrikpenilaianpenguasaankonsepdanketerampilanberpikirkritis.Datayangdiperolehdianalisissecarastatistikdansecaradeskriptif.Hasilpenelitianadalah(1)terbentuknyaprodukbukuajarBiologiSelberbasisragammediaberbantuanmatrikspertanyaan(2)adapengaruhperlakuanbukuajarberbasisragammediaberbantuanmatriksberpikirterhadappenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisdanketerampilankomunikasimahasiswa.Hasiliniberdasarkanhasilujistatistikberikutnilaisignifikansipenguasaankonsep000lebihkecildarip(005)demikianpulauntukketerampilanberpikirkritisdankomunikasi.HasilpenelitianmemberikansolusibahwaprodukbukuajarBiologiSelmampumemberikanstimuluskepadamahasiswauntukmenguasaikonsepberpikirkritisdanberkomunikasi.KegiatanLessonStudymemberikankejeliandanketepatanmenggaliinformasikesulitanmahasiswadalamkegiatanbelajar.ImplikasihasilpenelitianyaknibukuajarberbasisragammediaberbantuanmatrikspertanyaandapatdigunakanolehdosenuntuksumberbelajarpadapembelajaranBiologiSel.KegiatanLessonStudydapatdigunakanuntukmeningkatkandayaobservasikelompokbelajardosendandosenmodeldalamrangkamengetahuikesulitanyangdialamiolehmahasiswaselamabelajar.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 07:28 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 07:28 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1053 |
Actions (login required)
View Item |