Pengembangan Buku Biologi Sel Berbasis Ragam Media Berbantuan Matriks Pertanyaan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Komunikasi (Kajian Lesson Study), - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Buku Biologi Sel Berbasis Ragam Media Berbantuan Matriks Pertanyaan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Komunikasi (Kajian Lesson Study),

Pramudiyanti, Pramudiyanti (2019) Pengembangan Buku Biologi Sel Berbasis Ragam Media Berbantuan Matriks Pertanyaan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Komunikasi (Kajian Lesson Study),. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

KajianiniberdasarkanpadapentingnyamengembangkanketerampilanberpikirdankomunikasisertapenguasaankonsepbagimahasiswadalampembelajaranBiologiSel.Mengembangkanketerampilanberpikirmembutuhkanstimulusyangtepatdengancara-carayangmudahdilakukanolehmahasiswa.Stimulusberpikirdapatberbentukpertanyaanuntukmerangsangmemoriotakdandapatberbentukmediavisualatauaudiountukmerangsanginderamerekampengalamanbelajar.Mediatersebutdapatberbentukbukuajaryangberisiteksgambardanvideoyangdinamakanbukuajarberbasisragammedia.KegiatanpenelitiandilandasidengankegiatanLessonStudyuntukmemaksimalkanpemberianperlakuandanmeningkatkandayapegamatanpeneliti.Penelitianinimemusatkanperhatianpada(1)pengembanganbukuajarBiologiSelberbasisragammedia(2)pengaruhpenggunaanbukuajarterhadappenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisdanketerampilankomunikasimahasiswapadapembelajaranBiologiSel.Penelitianmerupakanpenelitianpengembanganmenggunakanmodelpengembangan4D(Thiagarajan1974).Tahapanpengembanganbukuajarmeliputiempattahapan(1)tahappendefinisian(Define)(2)tahapperancangan(Design)(3)tahappengembangan(Develop)dan(4)tahappenyebaran(Disseminate).Instrumenpenelitianuntukujicobaprodukbukuajarmeliputi(1)lembarvalidasibukuajardanperangkatpembelajaran(RPSSAPSoaltespenguasaankonsepdanketerampilanberpikirkritis(2)lembarobservasikegiatanbelajarmahasiswa(3)lembarobservasiketerampilankomunikasilisan(4)lembaranrubrikpenilaianpenguasaankonsepdanketerampilanberpikirkritis.Datayangdiperolehdianalisissecarastatistikdansecaradeskriptif.Hasilpenelitianadalah(1)terbentuknyaprodukbukuajarBiologiSelberbasisragammediaberbantuanmatrikspertanyaan(2)adapengaruhperlakuanbukuajarberbasisragammediaberbantuanmatriksberpikirterhadappenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisdanketerampilankomunikasimahasiswa.Hasiliniberdasarkanhasilujistatistikberikutnilaisignifikansipenguasaankonsep000lebihkecildarip(005)demikianpulauntukketerampilanberpikirkritisdankomunikasi.HasilpenelitianmemberikansolusibahwaprodukbukuajarBiologiSelmampumemberikanstimuluskepadamahasiswauntukmenguasaikonsepberpikirkritisdanberkomunikasi.KegiatanLessonStudymemberikankejeliandanketepatanmenggaliinformasikesulitanmahasiswadalamkegiatanbelajar.ImplikasihasilpenelitianyaknibukuajarberbasisragammediaberbantuanmatrikspertanyaandapatdigunakanolehdosenuntuksumberbelajarpadapembelajaranBiologiSel.KegiatanLessonStudydapatdigunakanuntukmeningkatkandayaobservasikelompokbelajardosendandosenmodeldalamrangkamengetahuikesulitanyangdialamiolehmahasiswaselamabelajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:28
Last Modified: 17 Dec 2020 07:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item