Maharani, Indah Puspitasari (2017) DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYEDERHANAKAN PECAHAN BENTUK ALJABAR BESERTA SCAFFOLDING-NYA. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berbicaratentangperanmatematikatidakmungkinlepasdaridefinisiyangluasjikadilihatdariperanmaupunstrukturmatematikaitusendiri.DaripenggunaanmatematikadibidangakademikstrukturmatematikayangabstrakdapatmenjaditantangantersendiribagipelajarkhususnyasiswaSMAyangdituntutagarmampudanlancardalammenggunakansimbol-simbolmatematika.Aljabarmerupakansalahsatuilmumatematikayangbanyakmenggunakanmanipulasisimbol-simboldanhuruf.NamunpadakenyataanyamasihbanyaksiswaSMAyangbelumlancardalampenggunaanmanipulasisimbol-simboldalamaljabarterutamapadapecahanbentukaljabar.Ketidaklancaranpenggunaansimbol-simboldalamaljabarinidapatdiidentifikasidarikesalahanyangdilakukanolehsiswabaiksecarakonseptualmaupunprosedural.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifuntukmendeskripsikankesalahanyangdilakukansiswaSMAdalammenyederhanakanpecahanbentukaljabardanupayapemberianbantuanberupascaffoldingkepadasiswa.Adapuntujuhindikatorkesalahanyangdidiagnosisdisiniadalah(1)kesalahandalampenggunaanurutanoperasipecahanbentukaljabar(2)kesalahandalammenyamakanpenyebut(3)kesalahandalampembagianaljabar(4)kesalahandalamperkalianaljabar(4)kesalahandalampenjumlahanaljabar(5)kesalahandalampenguranganaljabar(6)kesalahandalampemfaktoranaljabardan(7)kesalahandalampenyederhanaanpecahanbentukaljabar.PenelitianinidilakukandiSMALabUMpadakelasXIIPSIyangberjumlah28siswadandari28siswatersebutpenelitikemudianmengambilsampelsebanyak6orangsiswasebagaisubjekpenelitianyangdikategorikan2subjekdengankategorirendah2subjekkategorisedangdan2subjekkategoritinggi.Berdasarkanhasilpenelitianyangdilakukanolehpenelitikesalahanyangdilakukanolehsubjekpenelitiandiberikanscaffoldingpadamasing-masingkesalahanyaitu(1)kesalahandalamurutanoperasibentukscaffoldingyangdiberikanyaiturestructuring(2)kesalahandalammenyamakanpenyebutdiberikanscaffoldingexplainingreviewingrestructuringdandevelopingconceptualthinking(3)kesalahandalammelakukanpembagianaljabaryaiturestructuringdandevelopingconceptualthinking(4)kesalahandalamperkalianaljabaryaituscaffoldingexplainingreviewingrestructuringdandevelopingconceptualthinking(5)kesalahandalampenjumlahanaljabaryaituscaffoldingexplainingreviewingdanrestructuring(6)kesalahandalampenguranganaljabaryaituexplainingdanreviewing(7)Kesalahandalampemfaktoranaljabaryaituscaffoldingexplainingreviewingrestructuringdandevelopingconceptualthinkingdan(8)Kesalahandalampenyederhanaanpecahanaljabaryaituscaffoldingexplainingreviewingdanrestructuring.Dariscaffoldingyangdiberikanselamapenelitianiniditemukanbeberapahalantaralainyaitu(1)kesalahanyangdilakukanolehsubjekpenelitiandikarenakantidakmampumenguasaimateribaiksecaraproseduralmaupunkonseptual(2)kesalahanyangdilakukansubjekditandaidengangeneralisasitanpamemperhatikanalasandibalikapayangditulisnya(3)kesalahanyangdilakukansubjekpadapenyederhanaanditemukanbahwakonseppadapemfaktoranmasihbelumkuatsehinggakesalahanbanyakterjadi(4)kesalahanyangdilakukansubjekkarenaketidaktelitianjugamenyebabkankesalahanhasilpenyederhanaanpecahanaljabar(5)Scaffoldingberupareviewingbanyakdiberikankepadasubjekkarenamerekatelahmempelajarimateripecahanbentukaljabarsebelumnyanamunmasihbelumlancardalammenggunakannyadan(6)Scaffoldingberupadevelopingconceptualthinkingjugadiberikankepadasubjekpenelitianyangmembutuhkanperhatianseriuspadabagian-bagiankonseptertentudalamhalinipadapenyamaanpenyebutpembagianmaupunpemfaktoranaljabar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 07:28 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 07:28 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1052 |
Actions (login required)
View Item |