Penggunaan permainan tradisional "gotri ala gotri" untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian mata elajaran matematika pada siswa kelas II SDN Penanggungan Malang / Eri Tri Murtini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan tradisional "gotri ala gotri" untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian mata elajaran matematika pada siswa kelas II SDN Penanggungan Malang / Eri Tri Murtini

Eri Tri (2009) Penggunaan permainan tradisional "gotri ala gotri" untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian mata elajaran matematika pada siswa kelas II SDN Penanggungan Malang / Eri Tri Murtini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murtini Eri Tri. 2009. Penggunaan Permainan Tradisional Gotri Ala Gotri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Perkalian Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas II SDN Penanggungan Kota Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Kependidkan Sekolah dan Pra Sekolah. Program Studi S1 PGSD. Pembimbing (1) Prof. Dr. Moch. Sochib M. Pd (2) Drs. Tomas Iriyanto M. Pd Kata Kunci Permainan Tradisional Gotri Ala Gotri Penguasaan Konsep Perkalian Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan pengamatan awal peneliti dalam proses pembelajaran matematika di kelas II SDN Penanggungan Malang menemukan fakta bahwa siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep perkalian. Itu disebabkan karena guru dalam pembelajaran di kelas hanya menggunakan ceramah yang monoton yang membuat siswa jenuh dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian siswa adalah dengan menggunakan media permainan. Media permainan merupakan salah satu media pembelajaran yang pada dasarnya dapat digunakan untuk semua mata pelajaran. Untuk itu perlu dilakukan suatu tindakan kelas yaitu penggunaan media permainan tradisional Gotri Ala Gotri dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan rumusan masalah penelitian adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penguasaan konsep perkalian siswa kelas II SDN Penanggungan Malang sebelum menggunakan permainan tradisional Gotri Ala Gotri (2) Mendeskripsikan penguasaan konsep perkalian siswa kelas II SDN Penanggungan Malang setelah menggunakan permainan tradisional Gotri Ala Gotri (3) Mendeskripsikan keaktifan siswa kelas II SDN Penanggungan Malang saat menggunakan permainan tradisional Gotri Ala Gotri dalam pembelajaran perkalian dan (4) Mendeskripsikan penggunaan permainan tradisional Gotri Ala Gotri dalam meningkatkan penguasaan konsep perkalian siswa kelas II SDN Penanggungan Malang. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas II SDN Penanggungan Malang sebanyak 30 siswa. Penelitian ini diawali dengan pemberian soal pre test yang bertujuan untuk memperoleh gambaran awal yang berkaitan dengan soal perkalian. Hasil yang diperoleh melalui pemberian soal pretest kepada siswa menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa adalah 63 50 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40 dimana siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) masih ada 12 siswa (40%) dan hanya 18 siswa (60%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Perbaikan yang dilakukan melalui PTK ini terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes dan observasi keaktifan siswa. Setelah diberikan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70 33 namun ada 8 anak (27%) yang belum mencapai ketuntasan sehingga peneliti melanjutkan untuk memberikan tindakan pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82 75. Keaktifan siswa yang meliputi antusiasme kreativitas dan keaktifan siswa pada pertemuan I (siklus I) mencapai persentase 58% dinyatakan dengan taraf keaktifan siswa baik. Sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan II (Siklus I) mencapai persentase 67% dinyatakan dengan taraf keaktifan siswa baik. Keaktifan siswa pada pertemuan III (Siklus I) mencapai persentase 83% dinyatakan dengan taraf keaktifan siswa sangat baik. Sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I dan II (Siklus II) mencapai persentase 92% dinyatakan dengan taraf keaktifan siswa sangat baik dan 100% dinyatakan dengan taraf keaktifan siswa sangat baik. Berdasarkan hasil peneliti dapat disarankan kepada para guru siswa dan peneliti selanjutnya adalah (1) Bersumber dari permainan tradisional Gotri Ala Gotri ini hendaknya guru dapat mengembangkan permainan-permainan tradisional yang lainnya yang telah dimodifikasi yang nantinya dapat digunakan untuk membelajarkan pokok bahasan lain dalam pelajaran matematika atau bahkan pokok bahasan lain dalam mata pelajaran lain (2) Siswa disarankan untuk tetap melakukan permainan tradisional Gotri Ala Gotri ini baik pada saat proses pembelajaran maupun pada saat jam istirahat tanpa arahan atau bimbingan dari guru agar konsep perkalian yang telah diperoleh semakin terasah dan bermakna serta bertahan lama dalam ingatan (3) Penelitian Tindakan Kelas ini perlu dikembangkan lebih lanjut melalui tindakan serupa dengan media permainan yang berbeda di karenakan media permainan tradisional Gotri Ala Gotri terbukti telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep perkalian. Namun media ini terdapat kelemahan yaitu diperlukan persiapan yang matang untuk merancang RPP agar hasilnya lebih maksimal. Melalui penelitianpenelitian serupa akan diperoleh berbagai ragam permainan yang sesuai dengan ragam sub pokok bahasan mata pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105195

Actions (login required)

View Item View Item