Penerapan model peta konsep (Concept Mapping) untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Beji II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ella Yulanda Komariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model peta konsep (Concept Mapping) untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Beji II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ella Yulanda Komariyah

Komariyah, Ella Yulanda (2012) Penerapan model peta konsep (Concept Mapping) untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Beji II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ella Yulanda Komariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model peta konsep Pembelajaran IPA Kelas IV. Keberhasilan proses pengajaran menunjukkan suatu kualitas pembelajaran dimana terdiri atas aktivitas siswa (sebagai subjek didik) dengan guru (sebagai fasilitator dan pembimbing) serta siswa lain (mitra dalam kelompok). Pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru kelas IV di SDN Beji II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan yang masih dilakukan secara konvensional dan pembelajaran lebih didominasi oleh guru aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah dikarenakan pemahaman konseptual siswa masih rendah siswa masih memiliki miskonsepsi serta siswa kurang mampu mengembangkan ide atau gagasannya. Sehingga pembelajaran IPA kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model peta konsep pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Beji II aktivitas siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Beji II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan sebanyak 30 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi angket atau kuesioner wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV dalam menerapkan model peta konsep agar memperoleh hasil yang obyektif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran IPA yang mencakup aktivitas dan hasil belajar siswa. Prosentase aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 79 6% dan kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84 84% demikian juga pada hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I diperoleh nilai rerata 72 15 kategori baik (B) dengan ketuntasan secara klasikal 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 80 6 kategori sangat baik (A) dengan ketuntasan secara klasikal 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model peta konsep (concept mapping) dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di SDN Beji II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Bilamana peneliti lain ingin menerapkan model peta konsep (concept mapping) ini sebaiknya digabungkan dengan metode-metode pembelajaran yang lain dalam penyusunan bagan konsep pada materi-materi tertentu perlu dibantu dengan media pembelajaran yang nyata sebelum diterapkan model peta konsep (concept mapping) seharusnya siswa sudah diajari terlebih dahulu pada materi pembelajaran yang lain serta dalam penerapan model peta konsep sebaiknya diambil dari materi yang lebih luas misalnya 1 standar kompetensi atau lebih dari 1 kompetensi dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105074

Actions (login required)

View Item View Item