Penggunaan media foto seri untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN Lowokwaru 3 Malang / Iftitah Ainur Rozidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media foto seri untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN Lowokwaru 3 Malang / Iftitah Ainur Rozidah

Rozidah, Iftitah Ainur (2012) Penggunaan media foto seri untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN Lowokwaru 3 Malang / Iftitah Ainur Rozidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media foto seri Menulis cerita Pengalaman SD Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok yang dilakukan di kelas IIIA SDN Lowokwaru 3 Kota Malang masih berpusat pada guru. Hal ini dapat dilihat dari metode yang digunakan yaitu ceramah dan pemberian tugas disamping itu guru hanya menggunakan sedikit sumber belajar dan tanpa menggunakan media. Hasil pra tindakan menunjukkan 12 siswa yang mencapai ketuntasan belajar atau sebesar 26% dan 32 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar atau sebesar 71% KKM yang ditentukan yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan penggunaan media foto seri dalam pembelajaran serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis cerita pengalaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis cerita pengalaman setelah menggunakan media foto seri. Menulis cerita pengalaman yaitu menuliskan ke dalam bahasa tulis jenisjenis pengalaman yang pernah dialami sendiri oleh siswa kelas IIIA maupun orang lain dengan menggunakan media foto seri sebagai perangsang kreatifitas siswa jenis karangan yang terbentuk yaitu narasi karena menceritakan pengalaman berdasarkan urutan waktu kejadian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IIIA Lowokwaru 3 dengan jumlah 45 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media foto seri dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi pokok menulis cerita pengalaman SDN Lowokwaru 3 Malang. Penggunaan media foto seri berturutturut dari siklus I dan II memperoleh nilai rata-rata 86 dan 97. Aktivitas belajar siswa dalam belajar Bahasa Indonesia meningkat ketika menggunakan media foto seri pada sikus I dan II memperoleh nilai rata-rata 70 22 dan 80 89. Hasil belajar siswa meningkat setelah pembelajaran menggunakan media foto seri pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 73 11 sebanyak 32 siswa atau 71% siswa tuntas belajar. Pada siklus 2 nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 81 22 sebanyak 41 siswa atau 91% siswa tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media foto seri yaitu dengan menempelkannya pada kertas manila kemudian dipajang di depan kelas serta menggunakannya dalam LKS dan tugas individu dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menulis cerita pengalaman untuk itu disarankan agar guru menggunakan media foto seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama pada materi pokok menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105073

Actions (login required)

View Item View Item