Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas IV SDN Sukorejo Wetan 02 Kabupaten Tulungagung / Asmiatin Anisaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas IV SDN Sukorejo Wetan 02 Kabupaten Tulungagung / Asmiatin Anisaroh

Anisaroh, Asmiatin (2010) Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas IV SDN Sukorejo Wetan 02 Kabupaten Tulungagung / Asmiatin Anisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis narasi model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition. Berdasarkan studi pendahuluan ada beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis narasi di SDN Sukorejo Wetan 02 Kabupaten Tulungagung antara lain (1) pelaksanaan pembelajaran menulis dilakukan dengan menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung sedangkan aktivitas untuk menulis sesuai karangan/ cerita tidak pernah diterapkan (2) model pembelajarn bersifat satu arah guru yang aktif dan siswa pasif (3) guru hanya terfokus pada pencapaian target materi tanpa memperhatikan perkembangan kompetensi siswa dalam menulis narasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition di kelas IV SDN Sukorejo Wetan 02 Kabupaten Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi siswa di kelas IV SDN Sukorejo Wetan 02 Kabupaten Tulungagung dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah IV SDN Sukorejo Wetan 02 Kabupaten Tulungagung semester I tahun pelajaran 2010/2011. waktu dan lama penelitian dimulai dari Oktober 2010 sampai Nopember 2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan siswa menulis narasi dengan penerapan model pembelajaran CIRC di kelas IV SDN Sukorejo Wetan 02 kabupaten Tulungagung yaitu pada nilai proses nilai rata-rata siswa pada pratindakan sebesar 40 siklus I sebesar 74 dan siklus II sebesar 89. Pada nilai rata-rata kelompok pratindakan siswa belum dibentuk dalam kelompok pada siklus I sebesar 70 dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 80. Presentase ktuntasan belajar siswa juga meningkat yaitu pada pratindakan sebesar 33% siklus I sebesar 67% dan siklus II sebesar 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan menulis narasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi guru hendaknya menyajikan kegiatan pembelajaran yang kooperatif dan menyenangkan sehingga tidak membosankan siswa. Guru hendaknya kreatif dalam memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105070

Actions (login required)

View Item View Item