Peningkatan kemampuan membuat teks percakapan mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan wayang tokoh idola siswa kelas VI SDN Simomulyo V/102 Surabaya / Dewi Arsanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membuat teks percakapan mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan wayang tokoh idola siswa kelas VI SDN Simomulyo V/102 Surabaya / Dewi Arsanti

Arsanti, Dewi (2010) Peningkatan kemampuan membuat teks percakapan mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan wayang tokoh idola siswa kelas VI SDN Simomulyo V/102 Surabaya / Dewi Arsanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis percakapan media wayang tokoh idola. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang seharusnya dikuasai oleh seluruh bangsa Indonesia. Salah satu fungsi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar adalah siswa mampu menyusun karangan dalam berbagai bentuk. Akan tetapi dalam kenyataannya berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang telah dilakukan ternyata guru mengalami kendala dalam proses dan hasil pembelajaran menyusun karangan berupa teks percakapan dalam berbagai topik. Berdasarkan pada latar belakang di atas maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran dengan penggunaan media wayang tokoh idola (2) apakah penggunaan media wayang tokoh idola dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam membuat teks percakapan (3) apakah penggunaan media wayang tokoh idola dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam membuat teks percakapan (4) apakah penggunaan media wayang tokoh idola dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat teks percakapan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Simomulyo V/102 Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Tagart (1990) (dalam Sa dun 2008). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas 4 kegiatan melalui prosedur (a) perencanaan (b) tindakan dan pengamatan (c) refleksi dan (d) perbaikan perencanaan. Hasil dari pelaksanaan dan observasi pembelajaran telah menunjukkan peningkatan kemampuan siswa baik dari segi sistematika penulisan aspek kebahasaan maupun kalimat yang dihasilkan siswa dalam pembelajaran yang diteliti. Sehingga secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran sudah memenuhi apa yang diharapkan yaitu adanya peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105069

Actions (login required)

View Item View Item