Penerapan metode permainan "Vampir Bilangan" untuk meningkatkan hasil belajar membilang loncat siswa kelas 1 SDN Blimbing 4 Malang / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode permainan "Vampir Bilangan" untuk meningkatkan hasil belajar membilang loncat siswa kelas 1 SDN Blimbing 4 Malang / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2010) Penerapan metode permainan "Vampir Bilangan" untuk meningkatkan hasil belajar membilang loncat siswa kelas 1 SDN Blimbing 4 Malang / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Sri.2009. Penerapan Metode Permainan Vampir Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membilang Loncat Siswa Kelas I SDN Blimbing 4 Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan KSDP. Program S1-PJJ PGSD. e-TA. Pembimbing Drs. I Wayan Sutama M. Pd Kata Kunci Metode Permainan dan Hasil Belajar Membilang Loncat Berdasarkan data hasil observasi awal yang dilakukan terhadap siswa kelas I SDN Blimbing 4 menunjukkan bahwa pembelajaran masih kurang bermakna siswa kesulitan memahami konsep karena masih didominasi guru yang banyak ceramah sehingga siswa menjadi pasif berdampak pada hasil belajar konsep membilang loncat pada semester I tahun pelajaran 2009-2010 masih rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan metode permainan untuk meningkatkan hasil belajar konsep membilang loncat dalam pembelajaran matematika dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar konsep membilang loncat dalam pembelajaran matematika siswa kelas 1 di SDN Blimbing 4 Malang.. Penelitian ini akan dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru matematika dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus tiap siklus dilakukan tahap perencanaan pelaksaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek tindakan adalah seluruh siswa kelas I SDN Blimbing 4 Kota Malang yang berjumlah 50 terdiri 39 laki-laki dan 19 perempuan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman obsevasi soal pedoman wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1). Bahwa metode permainan yang diterapkan dapat dilakukan dengan suasana menyenangkan efektif memotivasi siswa untuk terlibat aktif membantu siswa dalam memahami konsep dan pembelajaran menjadi bermakna. (2). Bahwa penerapan metode permainan ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar tentang membilang loncat siswa kelas I SDN Blimbing 4 Kota Malang. Dari rata-rata 58 dan hanya ada 13 anak (26%) saja yang telah mencapai ketuntasan meningkat menjadi 84 dan ada 42 anak yang tuntas (84%). Saran dari penelitian ini adalah (1). Bagi guru kelas I sebaiknya metode permainan dapat digunakan dalam memperkaya variasi pembelajaran (2). Bagi guru matematika bahwa dapat menggunakannya dalam pembelajaran karena sesuai dengan model konstruktivis yang akan membantu dalam memahami konsep (3). Bagi peneliti lanjut dapat mengembangkannya untuk penelitian topik pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105066

Actions (login required)

View Item View Item