Meningkatkan prestasi belajar perkalian melalui pendekatan PMRI siswa kelas II SDN Martopuro 1 kecamatan Purwosari kabupaten Pasuruaan / Endah Puspandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi belajar perkalian melalui pendekatan PMRI siswa kelas II SDN Martopuro 1 kecamatan Purwosari kabupaten Pasuruaan / Endah Puspandari

Puspandari, Endah (2010) Meningkatkan prestasi belajar perkalian melalui pendekatan PMRI siswa kelas II SDN Martopuro 1 kecamatan Purwosari kabupaten Pasuruaan / Endah Puspandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspandari Endah. 2010. Meningkatkan prestasi belajar siswa konsep perkalian Kelas II SDN Martopuro I Kec. Purwosari Kab. Pasuruan melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Program S1 PGSD PJJ. Pembimbing Drs. Goenawan Roebyanto M. pd Kata Kunci Pembelajaran Matematika Realistik Pemahaman Konsep Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Dalam penelitian ini dapat di rumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas II SDN Martopuro I Kec. Purwosari Kab. Pasuruan (2) Apakah dengan menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II SDN Martopuro I Kec. Purwosari Kab. Pasuruan Subyek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas II SDN Martopuro I Kec. Purwosari Kab. Pasuruan sebanyak 20 siswa. Penelitian ini di awali dengan pemberian tes awal yang bertujuan untuk memperoleh gambaran awal kemampuan siswa dalam Memahami konsep perkalian yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan. Hasil yang di peroleh melalui pemberian tes awal kepada siswa telah menunjukkan bahwa 30 % siswa termasuk klasifikasi baik 60% siswa termasuk klasifikasi cukup baik sedangkan yang termasuk klasifikasi kurang baik ada 15 % siswa. Rendahnya nilai tersebut kemungkinan diakibatkan kurangnya penguasaan konsep matematika yang diantaranya ada pemahaman konsep operasi hitung bilangan. Perbaikan yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan (1) hasil observasi aktivitas guru siklus I dengan persentase 87 6 % yang mempunyai kategori sangat baik dan siklus II dengan persentase 93 8 yang mempunyai kategori sangat baik sehingga terjadi peningkatan aktivitas guru sebesar 3 8 % (2) hasil observasi aktivitas siswa siklus I dengan persentase 77 3 % yang mempunyai kategori baik dan siklus II dengan persentase 88 % yang mempunyai kategori sangat baik sehingga terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 7 7 % (3) kemampuan pemahaman konsep perkalian siswa meningkat sebanyak 20 siswa mempunyari kriteria baik sekali karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan Pembelajaran Matematika Realistik kemampuan pemahaman konsep perkalian siswa kelas II SDN Martopuro I Kec. Purwosari Kab. Pasuruan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105065

Actions (login required)

View Item View Item