Pemanfaatan alam sekitar sebagai sumber belajar dalam <BR>pengajaran IPA di kelas IV SD Se Wilayah Klojen Kota Malang / oleh Yuniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan alam sekitar sebagai sumber belajar dalam <BR>pengajaran IPA di kelas IV SD Se Wilayah Klojen Kota Malang / oleh Yuniati

Yuniati (2005) Pemanfaatan alam sekitar sebagai sumber belajar dalam <BR>pengajaran IPA di kelas IV SD Se Wilayah Klojen Kota Malang / oleh Yuniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahuui payag urud alamm emanfaatkan lingkungana lams ekitars ebagas umberb elajarp adap embelajaraInP A di SD kelas lV faktor-faktorp enghambadta nu payam engatashi ambatand alamm emanfaatkan lingkungans ebagasi umberb elajarp adap embelajaraInP A SD kelas[ V se- KecamatanK lolen Kota Malang. Metodep enelitiany angd igunakana dalahp enelitiand eskrrptit-P. enelitianin i menggunakaann gkets ebagaiin strumenp engumpudl ata.A nalisisd atay ang digunakana dalaha nalisisd eskriptif% (prosentaseP).o pulaspi enelitiana dalahg uru SD kelas 4 se wilayah Klojen Kota Malang berjumlah 50 SD sampel penelitian berjumlah2 5 SD. Hasilp enelitianin i menunjukkabna hwas ebagiakne cil( 26 96% ) guru mengalamim asalahd alamm enggunakanm etodep enugasand an metodee kspenmen. Dalamm enggunakamn edia s ekitars eparuhny(a5 6 25% ) gurum engalammi asalah denganm emanfaatkamn ediaa udio d i sampingit u gurum engalammi asalahd alam memanfaatkasnu mberb elalarb erupal ingkunganb udaya. Padas aatm elakukane valuasi/penilaianse paruh(5 2%) gurum engalami masalahd alamm elaksanakaenv aluaspi rosess ebagianb esar( 68 o/o)g uru mengalamrin asalahp adas aatm enentukante knik evaluassi ecarate pat. Penyebatbim bulnyam asalaha ntarala in dari segil atarb elakangp endidikan guru s ebagrakne cil (40%) gurum emiliki qazaht erakhirS PGd anD -II dari segr frekuenski eikutsertaagnu rud alamm engikutip enataranb idangs tudiI PA sekitar separuhnya(4 4%) gm pernahm engrkutip enataranb idangs tudi IPA sebanyak2 kali. Dari segrp emanfaatalnin gkungana lams ekitars ebagasi umberb elajar sebagiank ecil (32%)g uruk adang-kadanjigk a dibutuhkans ajam emanfaatkan lingkungana lams ekitars ebagasi umberb elajarI PA. Dari segim edia s ekitarb esar (67%)g urum enyatakanko ndisim edia/alapt eragad alamk eadaanru sak. Upayag urud alamm engataspi ermasalahayna ngt imbul dalam memanfaatkalnin gkungana lams ekitars ebagasi umberb elajarI PA adalahd engan membahads engang uru-gurub idangs tudi IPA gunam encarip enyelesaiamn asalah bersamam enugaskakne padas iswau nrukm embawafa silitasb elajars endirij ika fasilitasy angd isediakans ekolahk urangm emadaig urum engadakakne rjasama kepalas ekolahu ntukm engadakapne lajaranta mbahang urum engikutip enataran ataus eminarte ntangp embelajarabni dangs tudiI PA membawas iswak eluark elas i dan membawa sumber belaiar dari alam sekitar ke dalam kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105058

Actions (login required)

View Item View Item