Peningkatan kemampuan mengarang dengan menggunakan media <BR>gambar seri di kelas III SDN Ciptomulyo IV Kecamatan Sukun <BR>Kota Malang / oleh Sri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengarang dengan menggunakan media <BR>gambar seri di kelas III SDN Ciptomulyo IV Kecamatan Sukun <BR>Kota Malang / oleh Sri Utami

Utami, Sri (2005) Peningkatan kemampuan mengarang dengan menggunakan media <BR>gambar seri di kelas III SDN Ciptomulyo IV Kecamatan Sukun <BR>Kota Malang / oleh Sri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sesuai dengan Kurikulum yang berlaku saat ini mengarang merupakan salah satu cabang dari kemampuan menulis. Pada siswa kelas III SDN Ciptomulyo lV Kec. Sukun Kota Malang berdasarkan penelitian awal nilai rata-rata pada proses pembelajaran mencapai 1 466 dengan penguasaan matei 27 5Yo sedang hasil karangan memperoleh nilai 1 78 tingkat penguasaan 30 2o/o dengan kualifikasi Kurang . Berdasarkan hasil di atas dapat dikatakan kemampuan mengarang slswa rendah . Supaya siswa kelas lll SDN Ciptomulyo IV Kec. Sukun Kota Malang mempunyai kemampuan mengarang yang maksimal perlu adanya bimbingan yang terarah dan teratur serta penggunaan media yang tepat. Salah satu media yang tepat yaitu gambar seri garnbar seri merupakan salah satu media yang berupa gambar berhubungan yang sudah memberikan bayangan nyata tentang suatu ceflta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (actton research) dimana guru sebagai peneliti. Pemilihan rancangan tindakan berdasarkan tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan atacara baru dalam pembelajaran mengarang kepada siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga tahap. Tahapan-tahapante rsebut yaitu tahap pra menulis saat menulis dan pasca menuhs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pada aktivitas siswa saat mengarangm emperolehs kor 1 97 (penguasaan3 9 5%) dengank uallfikasi kurang. Sedangkan hasil karya memperoleh skor 2 0 penguas urn 39 8%o dengan kualifikasi kurang. Pada siklus II aktivitas siswa saat mengarang memperoleh skor 2 39 (penguasaan 47 8%) dengan kualifikasi cukup. Sedangkan hasil karya memperoleh skor 2 8 penguasaan 56 6Vo dengan kualifikasi cukup. Pada siklus III aktivitas siswa saat mengarang memperoleh skor 3 54 (penguasaan 70 7%) hasil karya 3 2 dengan (penguasaan6 3 7%) dengank ualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat gambar seri merupakan salah satu cara memudahkan siswa untuk menulis karangan. Karena dengan melihat gambar seri membantu imalinasi anak berkembang sesuai urutan gambar yang dilihat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105045

Actions (login required)

View Item View Item