Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model siklus belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk / Afif Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model siklus belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk / Afif Kurniawan

Kurniawan, Afif (2010) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model siklus belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk / Afif Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Afif. 2008. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Siklus Belajar Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M. Pd. (II) Dra. Sri Nuryati M. Pd. Kata Kunci Motivasi Model Siklus Belajar Hasil belajar Pembelajaran IPS Penelitian dengan judul upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model siklus belajar dalam pembelajaran IPS Kelas IV SDN Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk memiliki latar belakang bahwa selama proses belajar mengajar berlangsung motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS masih rendah hal ini tampak kurangnya prestasi dan hasil belajar siswa mencapai 18 5%. Siswa belum siap menerima materi baru hal ini ditandai siswa cenderung diam dan tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru. Ketika siswa mengemukakan gagasan belum menunjukkan kelancaran menanggapi masalah dan materi Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan model Siklus Belajar dalam meningkatkan motivasi dalam pembelajaran IPS di kelas IV (2) menge-tahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model siklus belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu. Rancangan yang tindakan kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari (a) Perencanaan (b) Pelaksanaan (c) Observasi dan (d) Refleksi. Instrument yang digunakan adalah (a) Pedoman Observasi (b) Tes (c) Angket (d) Pedoman Wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama Berdasarkan hasil siklus I dan silus II menunjukkan bahwa penerapan model siklus belajar meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari hasil penilaian motivasi siswa pada siklus I yang me-miliki motivasi tinggi 10 siswa prosentasenya 37 5% motivasi sedang 12 siswa de prosentasenya 44% dan motivasi rendah 5 siswa prosentasenya 18 5%. Pada si-klus II tingkat motivasi tinggi mencapai 10 siswa prosentasenya 37 5% motivasi sedang 12 siswa prosentasenya 44% dan motivasi rendah 5 siswa prosentasenya 18 5%. Kedua Berdasarkan pada kegiatan akhir pembelajaran siklus I dan siklus II maka model siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil tes formatif pada siklus I dapat diketahui bahwa prosentase hasil belajar siswa mencapai 50% yang tuntas 14 siswa dan yang tidak tuntas 13 siswa. Sedangkan pada tes formatif siklus II dapat diketahui bahwa pro-sentase hasil belajar siswa mencapai 85 2% yang tuntas 23 siswa dan yang tidak tuntas 4 siswa Kesimpulan penelitian ini adalah ( 1) Penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Gempol. (2) Penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Gempol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105040

Actions (login required)

View Item View Item