Implementasi teknik membaca skimming sebagai upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sidoharjo VI Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk / Retno Dwi Wuryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi teknik membaca skimming sebagai upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sidoharjo VI Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk / Retno Dwi Wuryanti

Wuryanti, Retno Dwi (2009) Implementasi teknik membaca skimming sebagai upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sidoharjo VI Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk / Retno Dwi Wuryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode mengajar guru dalam kegiatan membaca dengan teknik skimming masih bersifat konvensional yaitu menggunakan metode ceramah dan guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih memahami suatu bacaan yang dibaca dengan alasan keterbatasan waktu. Sehingga siswa kurang memahami inti suatu bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi teknik membaca skimming untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia mendiskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menetukan ide pokok setiap paragraph mendiskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mencari jawaban suatu pertanyaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan kepala sekolah sebagai observer sedangkan peneliti sebagai pelaksana pengumpul data dan yang menerapkan strategi dan metode dalam mengajar dengan mengikuti tiga alur siklus. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 1-31 Oktober 2008 di SDN Sidoharjo VI dengan jumlah siswa 22 anak teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan catatan lapangan wawancara dan study dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik diskriftif. Sehubungan dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca dengan teknik skimming dilakukan dengan metode ceramah Tanya jawab dan pemberian tugas sehingga siswa paham terhadap kebahasaan dalam bacaan. Teknik membaca skimming dapat meningkatkan hasil belajar dalam menemukan ide pokok setiap paragraf pada siswa kelas IV SDN Sidoharjo VI Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2008/2009 ditunjukkan pada pratindakan nilai ketuntasan 13 64% siklus I nilai ketuntasan 40 91% siklus II meningkat 72 73% dan siklus III 100%. Teknik membaca skimming dapat meningkatkan hasil belajar dalam mencari jawaban suatu pertanyaan pada siswa kelas IV SDN Sidoharjo VI Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2008/2009 ditunjukkan pada pratindakan ketuntasan 22 73% dan siklus I 45 45% siklus II 77 27% dan siklus III sebesar 100%. Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat diberikan saran sebagai berikut yaitu guru dalam mengajarkan membaca untuk pemahaman kebahasaan hendaknya menggunakan teknik membaca skimming.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105039

Actions (login required)

View Item View Item