Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model inkuiri di kelas IV SDN Puspo IV Kabupaten Pasuruan / Dewi Pintoko Arida - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model inkuiri di kelas IV SDN Puspo IV Kabupaten Pasuruan / Dewi Pintoko Arida

Arida, Dewi Pintoko (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model inkuiri di kelas IV SDN Puspo IV Kabupaten Pasuruan / Dewi Pintoko Arida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pembelajaran ipa model inkuiri. Hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Puspo IV pada materi Perubahan wujud benda rendah dibuktikan dengan hasil tes pra tindakan. Hasil evaluasi pada materi tersebut menunjukkan hanya 3 siswa (29 4%) yang sudah tuntas belajar sedangkan selebihnya berada di bawah ketuntasan belajar. Hasil belajar rata-rata siswa sebesar 50 padahal KKM yang ditentukan guru sebesar 65. Model inkuiri memiliki kelebihan yaitu siswa lebih dilibatkan aktif dalam mengkontruksi pengetahuan memperoleh informasi mengorganisasi informasi memecahkan masalah dan mencari kebenaran atau pengetahuan. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah (a) Mendeskripsikan penerapan model inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Puspo IV (b) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Puspo IV Kabupaten Pasuruan melalui model inkuiri (c) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Puspo IV Kabupaten Pasuruan melalui model inkuiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi refleksi dan analisis data. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Puspo IV Kabupaten Pasuruan. Dari hasil analis didapatkan bahwa penerapan model inkuiri telah terlaksana dengan baik dibuktikan dengan terlaksananya aktivitas guru dengan menerapkan model inkuiri. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (75 8%) siklus II (90 5%) serta peningkatan ketuntasan belajar kelas dalam setiap siklus yaitu siklus I (76 5%) siklus II (94 11%). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (39) siklus II (68 58). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model inkuiri telah terlaksana dengan baik.Model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Puspo IV Kabupaten Pasuruan. Agar proses belajar mengajar IPA lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi siswa maka disarankan untuk melaksanakan model inkuiri dengan persiapan yang cukup matang. Juga perlu adanya penelitian yang lebih lanjut pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105038

Actions (login required)

View Item View Item