Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model cooperative integreted reading and composition pada siswa kelas IV di SDN Klampok kota Blitar / Dwi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model cooperative integreted reading and composition pada siswa kelas IV di SDN Klampok kota Blitar / Dwi Astuti

Astuti, Dwi (2011) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model cooperative integreted reading and composition pada siswa kelas IV di SDN Klampok kota Blitar / Dwi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis deskripsi kooperatif circ. Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran guru masih menggunakan metode yang konvensional sehingga pembelajaran terkesan monotondan siswa menjadi bosan. Selain itu dari data hasil belajar bahasa Indonesia menunjukkan bahwa siswa belum memahami pelajaran yang berkenaan dengan menulis deskripsi. Kemampuan menulis siswa yang rendah ini pada umumnya siswa tidak dapat membuat kalimat yang baik dan sesuai dengan perintah soal yang dimaksud. Hal ini mengakibatkan 62% siswa tidak mencapai KKM yang talah ditetapkan yaitu 72. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui Model Cooperative Integreted Reading And Composition pada siswa kelas IV SDN Klampok Kota Blitar 2) apakah penerapan Model Cooperative Integreted Reading And Composition dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Klampok Kota Blitar Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi melalui model CIRC dapat meningkatkan hasil menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Klampok yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 64 siklus I 71 dan siklus II 77. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 38% siklus I sebesar 59% dan siklus II 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi guru dapat melaksanakan pembelajaran kooperatif model CIRC karena selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kegiatan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105037

Actions (login required)

View Item View Item