Peningkatan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah melalui pendekatan pembelaran matematika realistik (PMR) pada siswa kelas II SDN Karangsari 01 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2008/2009 / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah melalui pendekatan pembelaran matematika realistik (PMR) pada siswa kelas II SDN Karangsari 01 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2008/2009 / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2009) Peningkatan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah melalui pendekatan pembelaran matematika realistik (PMR) pada siswa kelas II SDN Karangsari 01 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2008/2009 / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkalian bilangan cacah pertama kali diajarkan pada siswa kelas II SD. Dari hasil observasi yang telah dilaksanakan diketahui bahwa siswa kelas II belum begitu memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang a x b b b sebanyak ax. Siswa cenderung menyamaartikan perkalian sebagai penjumlahan karena dalam pembelajarannya guru menggunakan media konkret dan hanya menggunakan buku paket saja. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik tentang konsep perkalian pada kelas II SD dan (2) mendeskripsikan peningkatan dalam pemahaman konsep pembelajaran perkalian bilangan cacah melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa Kelas II SDN Karangsari 01 Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Dalam pendekatan PMR siswa memanfaatkan lingkungan nyata untuk memahami konsep perkalian bilangan cacah. Hasil yang dicapai pembelajaran konsep perkalian bilangan cacah siswa kelas II SDN Karangsari 01 dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik sangat memuaskan dilihat dari pencapaian prestasi siswa dari 15 siswa yang mengalami ketuntasan belajar 12 siswa dan yang tidak mengalami ketuntasan 3 siswa saja. Sehingga dapat diperoleh prosentase 80% siswa mengalami ketuntasan dan 20% siswa yang tidak mengalami ketuntasan. Hal ini menunjukkan prestasi siswa dalam konsep perkalian bilangan cacah dengan pembelajaran matematika realistik melebihi batas minimal prosentase keberhasilan siswa yaitu 60%. Ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan pembelajaran matematika realistik mengacu pada KTSP. Pembelajaran Matematika Realistik dalam pemahaman konsep bilangan cacah sangat membantu karena siswa dihadapkan pada benda-benda yang nyata dan sudah tidak asing bagi siswa seperti sepeda meja kelereng gelas batu kantong plastik jari tangan dan kaki dan lain-lain.Dengan siswa dihadapkan pada situasi yang nyata maka pemahaman konsep belajar mereka akan meningkat.Oleh karena itu pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dapat terus digunakan karena dapat meningkatakan pemahaman suatu konsep pada siswa. Bertukar pendapat dan ide dengan siswa lain akan memudahkan untuk menemukan alternatif pemecahan masalah dan membuat belajar lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105036

Actions (login required)

View Item View Item