Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) pada hasil belajar operasi pecahan di kelas V SDN sumberpucung 02 kabupaten malang / Henny Rimayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) pada hasil belajar operasi pecahan di kelas V SDN sumberpucung 02 kabupaten malang / Henny Rimayanti

Rimayanti, Henny (2013) Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) pada hasil belajar operasi pecahan di kelas V SDN sumberpucung 02 kabupaten malang / Henny Rimayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pokok bahasan pecahan siswa SDN Sumberpucung 02 Kabupaten Malang. Masalah pokok yang perlu dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh Pendekatan PMRI Pada Hasil Belajar Konsep Pecahan Kelas V SDN Sumberpucung 02 Kabupaten Malang. Keadaan demikian mungkin terjadi karena di dalam proses pembelajaran tersebut siswa kurang diberi kesempatan dalam mengungkapkan ide-ide dan alasan jawaban mereka sehingga kurang terbiasa untuk mengungkapkan ide-ide atau alasan dari jawabannya. Perubahan cara berpikir yang perlu sejak awal diperhatikan ialah bahwa hasil belajar siswa meruapakan tanggung jawab siswa sendiri. Artinya bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi secara langsung oleh karakteristik siswa sendiri dan pengalaman belajarnya.Tanggung jawab langsung guru sebenarnya pada penciptaan kondisi belajar yang memungkinkan siswa memperoleh pengalaman belajar yang baik (Marpaung 2004). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan pendekatan dalam pembelajaran matematika yang sesuai dengan paradigma pendidikan sekarang. PMRI menginginkan adanya perubahan dalam paradigma pembelajaran yaitu dari paradigma mengajar menjadi paradigma belajar (Marpaung 2004). Pengalaman belajar akan terbentuk apabila siswa ikut terlibat dalam pembelajaran yang terlihat dari aktivitas belajarnya.PMRI juga menekankan untuk membawa matematika pada pengajaran bermakna dengan mengkaitkannya dalam kehidupan nyata sehari-hari yang bersifat realistik. Siswa disajikan masalah-masalah kontekstual yaitu masalah-masalah yang berkaitan dengan situasi realistik. Kata realistik disini dimaksudkan sebagai suatu situasi yang dapat dibayangkan oleh siswa atau menggambarkan situasi dalam dunia nyata (Zulkarnain 2002).Aktivitas belajar yang terjadi dalam pembelajaran dengan pendekatan belajar yang relatif baru ini menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan hasil belajar konsep perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas V SDN Sumberpucung 02 Kabupaten Malang. Kata Kunci PMRI dan Pecahan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105034

Actions (login required)

View Item View Item