Peningkatan hasil belajar matematika pada bilangan pecahan melalui model numbered heads together di kelas IV SDN Ampelgading 02 Kabupaten Blitar / Dhian Dwi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika pada bilangan pecahan melalui model numbered heads together di kelas IV SDN Ampelgading 02 Kabupaten Blitar / Dhian Dwi Astuti

Astuti, Dhian Dwi (2015) Peningkatan hasil belajar matematika pada bilangan pecahan melalui model numbered heads together di kelas IV SDN Ampelgading 02 Kabupaten Blitar / Dhian Dwi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astuti Dhian Dwi. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Bilangan Pecahan melalui Model Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Ampelgading 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M. Pd (2) Drs. H. Syaiful Imam S. Pd. M. Pd. Kata kunci model NHT hasil belajar matematika bilangan pecahan Hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Ampelgading 02 diketahui bahwa terdapat permasalahan pada pembelajaran matematika sebagai berikut. (1) hasil belajar siswa kelas IV masih berada di bawah KKM yang ditentukan yaitu 70 hal ini dapat dilihat dari 20 siswa terdapat 12 siswa atau 60% siswa tidak tuntas dan lambat dalam belajar (2) rendahnya tingkat keaktifan dan sikap saling kerjasama antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi (4) guru selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga proses pembelajaran terpusat dan lebih didominasi oleh guru. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut. (1) bagaimanakah penerapan model NHT (Numbered Heads Together) pada materi bilangan pecahan di Kelas IV SDN Ampelgading 02 Kabupaten Blitar (2) apakah ada peningkatan hasil belajar pada materi bilangan pecahan setelah menerapkan model NHT (Numbered Heads Together) di Kelas IV SDN Ampelgading 02 Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV sehingga dapat memperbaiki kinerja guru dan hasil belajar siswa meningkat. Prosedur PTK terdiri dari dua siklus masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah sebagai berikut. (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek penelitian yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru yang mengajar siswa kelas IV SDN Ampelgading 02 yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru dalam penerapan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I sebesar 83 8% siklus I pertemuan II sebesar 90% siklus II pertemuan I sebesar 96 6% dan siklus II pertemuan II sebesar 100%. Untuk persentase hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 74 05% siklus I pertemuan II sebesar 77 6% siklus II pertemuan I sebesar 81 85% dan siklus II pertemuan II sebesar 88 15%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan aktivitas guru dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ampelgading 02 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105032

Actions (login required)

View Item View Item