Penerapan pembelajaran model deep dialogue/critical thinking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN Arjosari 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Twista Ria - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model deep dialogue/critical thinking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN Arjosari 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Twista Ria

Ria, Twista (2015) Penerapan pembelajaran model deep dialogue/critical thinking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN Arjosari 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Twista Ria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ria Twista. 2014. Penerapan Pembelajaran Model Deep Dialogue/Critical Thingking (DD/CT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI SDN Arjosari 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Imam Nawawi M.Si (2) Drs. H. Sutarno M.Pd . Kata kunci Model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) aktivitas belajar hasil belajar PKn Tujuan pembelajaran PKn adalah membentuk pola pikir siswa agar sesuai dengan Pancasila serta ciri khas dan watak ke Indonesiaan sehingga dapat mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi pada siswa aktif. Akan tetapi aktivitas dan hasil belajar yang terjadi di sekolah belum sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VI SDN Arjosari 2 Kota Malang pada kegiatan pembelajaran PKn dapat diketahui beberapa permasalahan di antaranya konsentrasi siswa masih kurang pada mata pelajaran PKn sebagian siswa masih pasif dengan hanya mendengarkan ceramah dari guru hanya sedikit sekali siswa yang bertanya jika guru memberikan kesempatan untuk bertanya atau mengutarakan pendapat. Siswa hanya mendapatkan apa yang disampaikan oleh guru sedikit sekali yang melakukan aktivitas bertanya menyampaikan pendapat atau melakukan pengamatan hal itu berakibat pada aktivitas dan hasil belajar siswa rendah dengan rata-rata nilai formatif 60 kurang dari KKM yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penerapan model pembelajaran DD/CT dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan rancangan PTK. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu a) perencanaan b) pelaksanaan tindakan c) observasi dan d) refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan dilengkapi dengan tes serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Arjosari 2 Kota Malang sebanyak 33 siswa terdiri dari 18 laki-laki dan 15 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa. Pembentukan pembelajaran dengan diskusi kelompok menjadikan siswa berani bertanya dan menjawab pertanyaan guru dan teman. Siswa lebih konsentrasi untuk mengikuti pembelajaran PKn sehingga siswa selalu tertarik riang dan gembira selama pembelajaran PKn. Sedangkan hasil belajar siswa juga terdapat peningkatan dari nilai rata-rata 72 23 pada siklus I meningkat menjadi 86 21 pada siklus II. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran DD/CT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VI. Disarankan kepada guru agar dalam kegiatan pembelajaran pembagian kelompok hendaknya dibentuk sebelum pembelajaran siswa lebih ditekankan bahwa keberhasilan individu ditentukan oleh keberhasilan kelompoknya pengaturan alokasi waktu sesuai yang diprogramkan aktivitas dan hasil belajar siswa akan lebih sempurna bila penggunaan model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) dilaksanakan sesuai dengan urutan atau sintaknya guna mengontrol keterlaksanaan setiap komponen pembelajaran. DD/CT juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain atau pokok bahasan lain dengan penyiapan media atau sumber belajar yang lebih mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105030

Actions (login required)

View Item View Item