Achiriansyah, Muchammad Yuli (2015) Profil pembelajaran tematik terpadu kelas IV sekolah dasar negeri se-gugus III Kecamatan Junrejo Kota Batu / Muchammad Yuli Achiriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Achiriansyah Muchammad Yuli. 2014. Profil Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus III Kecamatan Junrejo Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si (II) Drs. H. Rumidjan M.Pd. Kata Kunci profil pembelajaran tematik terpadu. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 di sekolah dasar sangat penting karena pembelajaran menggunakan prinsip terpadu. Pembelajaran dilakukan berdasarkan tema sebagai pengikat hubungan antar bahan ajar yang ingin diajarkan atau dibelajarkan untuk memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Berdasarkan informasi awal dari tiga kepala sekolah dasar di Kecamatan Junrejo penerapan Kurikulum 2013 untuk kelas I dan IV masih belum berjalan lancar dan banyak kekurangan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) profil perencanaan pembelajaran tematik terpadu siswa kelas IV SDN se-gugus III Kecamatan Junrejo Kota Batu (2) profil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu siswa kelas IV SDN se-gugus III Kecamatan Junrejo Kota Batu dan (3) profil penilaian pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas IV SDN se-gugus III Kecamatan Junrejo Kota Batu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan yaitu tentang profil perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik terpadu yang bersumber dari wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun guru kelas IV merupakan RPP tematik. Hal ini dapat dilihat dari daftar kompetensi dasar tiap muatan dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan oleh guru. Selain itu dalam skenario kegiatan pembelajaran yang dirancang guru juga tidak tampak batas dari muatan yang digabungkan. Pembelajaran yang dilakukan merupakan pembelajaran tematik. Hal ini dapat dilihat dari proses pelaksanaannya yang berdasarkan tema. Pelaksanaan kegiatan awal inti dan akhir berjalan sesuai dengan muatan yang digabungkan dan memperhatikan pendekatan scientific yaitu melalui kegiatan mengamati menanya mengumpulkan informasi mengolah informasi dan mengomunikasikan. Penilaiannya berdasarkan kompetensi yang ingin dicapai bukan berdasarkan muatan dan sudah disesuaikan dengan penilaian otentik. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik terpadu kelas IV di SDN se-gugus III Kecamatan Junrejo berjalan sesuai ketentuan dari pemerintah. Hendaknya guru membiasakan diri untuk mengembangkan bahan ajar sebagai pengayaan bagi pembelajaran tematik terpadu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |