Peningkatan pemahaman analisis paragraf melalui membaca intensif bagi siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar / Wilhelma Suarlembit - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman analisis paragraf melalui membaca intensif bagi siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar / Wilhelma Suarlembit

Suarlembit, Wilhelma (2014) Peningkatan pemahaman analisis paragraf melalui membaca intensif bagi siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar / Wilhelma Suarlembit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suarlembit Wilhelma 2014. Peningkatan Pemahaman Analisis Paragraf Melalui Membaca Intensif di IV SDN Turi 01 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Dra Sri Murdiyah .M.Pd Kata kunci Analisis Paragraf Membaca Intensif 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Turi 01 diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menganalisis paragraf di kelas IV. Permasalahan tersebut antara lain (1) sebagian besar siswa belum bisa menemukan kalimat utama (2) sebagian besar siswa juga belum bisa menemukan kalimat Penjelas dan (3) siswa belum dapat menyimpulkan isi paragraf. Untuk itu perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan membaca intensif dan mendeskripsikan peningkatan menganalisis paragraf melalui membaca Intensif 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Jenis penelitian menggunakan rancangan yaitu tahap pelaksanaan meliputi perencanaan tindakan (Planning) pelaksanaan tindakan (action) Pengamatan (observation) dan refleksi (reflektion). Penelitian dilaksanakan di SDN Turi 01 kota Blitar pada siswa kelas IV. Data dan sumber data diambil dari seluruh aktivitas pembelajaran siswa aspek yang dinilai dan hasil pembelajaran siswa. Adapun pengumpulan data diambil dari hasil observasi wawancara tes dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini melalui tahapan pra tindakan Siklus I dan dilanjutkan Pelaksanaan siklus II. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman Analisis Paragraf pada siswa kelas IV SDN Turi 01 Kecamatan Sukorejo kota Blitar melalui membaca Intensif. Peningkatan Pemahaman Analisis Paragraf menjadi lebih baik secara individu maupun klasikal. Peningkatan rata-rata prestasi belajar peserta didik secara individu pada pratindakan yaitu 65 meningkat menjadi 76 pada siklus I kemudian dari siklus I yaitu 76 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Sedangkan secara klasikal pada pratindakan yaitu 35% meningkat menjadi 78% pada siklus I kemudian dari siklus I yaitu 78% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Sehingga ada 15 peserta didik yang tidak tuntas pada pra tindakan ada 5 peserta didik yang tidak tuntas pada siklus I dan 1 peserta didik yang tidak tuntas pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu bagi para guru agar dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam membaca paragraf dapat membaca dengan sungguh-sungguh dapat menerapkan membaca intensif demi meningkatkan mutu pendidikan dan pola berfikir siswa. Dan bagi peneliti lain agar menggunakan cara pembelajaran dengan membaca Intensif dalam penelitiannya tentang pembelajaran membaca khususnya membaca Intensif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105028

Actions (login required)

View Item View Item