Peningkatan keterampilan berbicara melalui model sosiodrama di kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar / Abjon Frans Kailausian - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara melalui model sosiodrama di kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar / Abjon Frans Kailausian

Kailausian, Abjon Frans (2014) Peningkatan keterampilan berbicara melalui model sosiodrama di kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar / Abjon Frans Kailausian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kailausian Abjon. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Sosoidrama Di Kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr .Alif Mudiono M.Pd (II) Drs Suhel Madyono S. Pd. M. Pd Kata kunci keterampilan berbicara model sosoidrama 12288 12288 12288 Berdasarkan obsevasi di SDN Bendo 2 bahwa guru menguasai materi pembelajaran bahasa indonesia dengan baik tetapi dalam pelaksanaanya kurang maksimal hal ini terlihat dari nilai klasikal siswa kelas IV yang terdiri dari 25 siswa yang belum mencapai KKM 21 siswa. Hal tersebut karena (1) guru kurang memiliki wawasan dan kemampuan model-model pembelajaran terbaru. (2) kurangnya kemampuan memilih model yang sesuai dengan karakteristik (3) siswamerasa bosan lingkungan serta karakteristik materi yang hendak disajikan.Hal ini tentu banyak menyebabkan motivasi serta minat belaja siswa rendah yang kemudian berakibat rendahnya hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan model sosiodrama pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN Bendo 2 Kota Blitar (2) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara di kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar. Penelitian yang dilakukan ini mengunakan jenis penelitian tindakan (action research) yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan ini setiap siklus terdiri dari Perencanaan Pelaksanaan Observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakanempat cara yaitu observasi wawacara tes dan dokumentasi. hasil penelitian menujukan adanya peningkatan keterampilan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi pemeranan tokoh drama melalui model sosiodrama. dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada pratindakan ketuntasan belajar 27 % sedangkan pada siklus I mencapai 63 %. Pada siklus II dengan ketuntasan belajar 95 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model sosiodrama dapat mening katkan keterampilan berbahasa. 12288 12288 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105027

Actions (login required)

View Item View Item