Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran snowball throwing bagi siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Muslim Belahuy - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran snowball throwing bagi siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Muslim Belahuy

Belahuy, Muslim (2014) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran snowball throwing bagi siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Muslim Belahuy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belahuy Muslim. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Bagi Siswa Kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Skripsi program studi s1 pendidikan guru sekolah dasar jurusan kependidikan sekolah dasar dan prasekolah fakultas ilmu pendidikan universitas negeri malang. Pembimbing (1) Dra. Suminah M. Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd Kata kunci hasil belajar pkn snowball throwing 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran PKn kelas IV di SDN Pakunden 2 dari 39 hanya 17 yang mencapai KKM yang sudah ditentukan (75) diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahanpada pembelajaran PKn di kelas IV. Permasalahan tersebut antara lain (1) terjadi kebosanan pada sisw apada Saat pembelajaran berlangsung hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan model konvensional (2) siswa terlihat pasif pada saat pembelajaran PKn.Hal tersebut disebabkan karena model yang digunakan lebih banyak ceramah. Tujuan penilitian (1) mendeskripsikan penerapan model snowball throwing dalam pembelajaran Pkn (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pkn dan melaksanakan model snowball throwing. 12288 12288 12288 12288 Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru.Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaituperencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi.Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar dengan jumlah siswa 39 siswa. Teknik yang digunakan adalah observasi wawancara dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Snowball Throwing pada pembelajaran PKn telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakunden 2. Hal ini dilihat dari hasil observasi tentang aktivitas siswa serta rata-rata evaluasi yang terus meningkat. Berdasarkan hasil observasi sebagian besar siswa sudah berani membuat pertayaan dan menjawab pertayaan.Hasil belajar siswa terus meningkat mulai dari rata-rata sebelumnya (55 57) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata sebelumnya (71 %) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (71% ) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelas sebesar (96%) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (100%). Aktifitas anak pada siklus I 75% naik pada siklus II menjadi 92 30% dari jumlah siswa 39 yang belum tuntas 7 70%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model snowball throwing dapat meningkatakan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105025

Actions (login required)

View Item View Item