Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar / Elisa Djerol - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar / Elisa Djerol

Djerol, Elisa (2014) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar / Elisa Djerol. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Djerol Elisa. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd (II) Dra. Widayati M.H. Kata kunci hasil belajar IPS metode role playing 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi awal pada mata pelajaran IPS dianggap sebagai pelajaran yang membosankan kurang penting bahkan sulit untuk dimengerti selain itu guru juga menerapkan metode ceramah terlalu dominan sehingga membuat siswa merasa bosan dan motivasi siswa menurun padahal untuk mendukung pembelajaran tersebut perlu menimbulkan dan meningkatkan motivasi siswa. Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada tahap pratindakan sebesar 59 dengan persentase 34% dan mendapat kualifikasi nilai sangat kurang (E). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS melalui pembelajaran Role Playing di kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Role Playing di kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus dengan perincin 1 siklus 2 pertemuan sedangkan siklus I hanya I kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara tes dan dokumentasi. Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru lembar observasi aktivitas siswa dan lembar penilaian tes tulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh adalah 74 dengan jumlah persentase sebesar 63% Selanjutnya pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 86 dengan jumlah persentase 89%. Perolehan skor rata-rata siswa mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai dengan siklus II. Sikap siswa pada proses pembelajaran mengalami peningkatan pada tiap siklus hal ini dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yaitu 80 dengan persentase sebesar 81% kemudian pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 90 atau 97%. Dengan demikian penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dalam meningkatkan hasil belajar guru dapat melaksanakan pembelajaran IPS dengan mengunakan metode Role Playing pada setiap kelas dan setiap mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105022

Actions (login required)

View Item View Item