Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Sri Utari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Sri Utari

Utari, Sri (2014) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Sri Utari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utari Sri. 2014. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Widayati M. H (2) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd Kata kunci hasil belajar PKn model pembelajaran inkuiri 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti terdapat beberapa permasalahan diantaranya (1) guru hanya menjelaskan materi yang ada pada buku paket kemudian guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi Dampaknya hasil dari dari 39 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM 36 % dan yang mendapatkan nilai di bawah KKM 64 %. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri di kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar dengan model pembelajaran Inkuiri. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru dan guru kelas sebagai observer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model inkuiri ditinjau dari aktifitas guru pada siklus I pertemuan 1 mencapai nilai 66 dengan kriteria cukup baik pertemuan 2 mencapai nilai 77 dengan kriteria baik pertemuan 1 siklus II mencapai nilai 83 dengan kriteria sangat baik dan pertemuan 2 mencapai nilai nilai 88 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan ditinjau dari aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 mencapai nilai rata-rata kelas 60 dengan ketuntasan klasikal 28 % pertemuan 2 mencapai nilai rata-rata kelas 51 dengan ketuntasan klasikal 49 % pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mencapai nilai rata-rata kelas 94 dengan ketuntasan klasikal 74 % dan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72% dengan kriteria baik dan siklus II sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar belajar dan disarankan agar guru hendaknya menyajikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak membosankan siswa. Guru hendaknya kreatif dalam memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105021

Actions (login required)

View Item View Item