Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pada siswa kelas V SDN Turi 01 Kota Blitar / Sefnat Salakay - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pada siswa kelas V SDN Turi 01 Kota Blitar / Sefnat Salakay

Salakay, Sefnat (2014) Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pada siswa kelas V SDN Turi 01 Kota Blitar / Sefnat Salakay. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salakay Lany Margie. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Make A Match Di Kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suminah. S.Pd M.Pd. (II) Drs. Rochani S.Pd. Kata Kunci hasil belajar ilmu pengetahuan sosial model make a match. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi dari 39 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM 35% (14 siswa) dan yang mendapatkan nilai di bawah KKM 65% (25 siswa). Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model make a match pada mata pelajaran IPS dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar setelah menggunakan model make a match. 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan adalah (1) lembar observasi aktivitas siswa (2) lembar observasi aktivitas guru. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pra tindakan mencapai 35 % (14 siswa) pada siklus I pertemuan 1 mencapai 21 % (8 siswa). Siklus I pertemuan 2 mencapai 47 % (18 siswa) dan siklus II mencapai 84% (33 siswa). Nilai aktivitas siswa dari siklus I pertemuan 1 mencapai nilai rata-rata kelas 66 dengan persentase ketuntasan klasikal 28% pada pertemuan 2 mencapai nilai rata-rata kelas 73 dengan persentase klasikal 54%. Pada siklus II mencapai nilai rata-rata kelas 78 dengan persentase ketuntasan klasikal 77%. Nilai aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I pertemuan 1 persentase keberhasilan mencapai 75% pertemuan 2 mencapai 83 % siklus II mencapai 92%. Hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model make a match dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS aktivitas siswa di kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105016

Actions (login required)

View Item View Item