Ngarbingan, Andreas Hendrek (2014) Meningkatkan hasil belajar PKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada siswa kelas V SD Negeri Kauman 1 Kota Blitar / Andreas Hendrek Ngarbingan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ngarbingan Andres Hendrek. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V SDN Kauman 1 Kota Blitar. Skripsi Jurusan KSDP Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Prof. Dr. H.M Zainudin M.Pd. Kata Kunci hasil belajar PKn Numbered Head Together (NHT) Dari hasil observasi yang telah dilakukan di kelas V SDN Kauman 1 Kota Blitar menunjukan bahwa dalam mengajar guru masih mengunakan pembelajaran yang konvensional metode ceramah dan menghafal. Sehingga siswa tidak aktif terlihat cepat bosan dan mengantuk dengan demikian hasil belajar siswa menjadi rendah yaitu hanya ada 4 siswa yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 sedangkan 10 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran numbered head together dan menigkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Kauman 1 Kota Blitar melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap pelaksanaan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pratindakan siklus I dan siklus II. Pada pratindakan nilai rata-rata siswa adalah 53 57 dengan presentase ketuntasan 29%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 59 07 dengan presentase ketuntasan 43% dari nilai tersebut menunjukan bahwa pembelajaran belum tuntas sehinga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa diatas Kriteria Ketuntasan Maksimal yaitu mendapat 78 14 dengan presentase ketuntasan 92%. Terdapat 1 siswa yang belum tuntas belajar karena kurang aktif dan suka mengangu teman lain. Dengan demikian pelaksanaan tindakan pada siklus II berhasil dan meningkat mulai dari pratindakan sampai pelaksanaan tindakan penelitian. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan model kooperatif tipe numbered head together padan pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kauman 1 Kota Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105015 |
Actions (login required)
View Item |