Peningkatan hasil belajar PKn melalui model snowball throwing pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Martinus Tildjuir - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model snowball throwing pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Martinus Tildjuir

Tildjuir, Martinus (2014) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model snowball throwing pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Martinus Tildjuir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tildjuir Martinus. 2014. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Snowball Throwing pada siswa Kelas IV SDN Tanggung 02 kota Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. (1).Pembimbing Skripsi (I) Suwarti S.Pd M.Pd (II) Dra Tri Murti S.Pd.M.Pd. Kata Kunci hasil belajar snowball throwing PKn SD 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi terhadap hasil belajar PKn yang dilaksanakan dikelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar ditemukan hasil belajar siswa di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah adalah 75. Masalah ini perlu diperhatikan dan dipecahkan oleh guru karena dari 30 siswa yang mendapat nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 78% atau 22 siswa sedangkan yang mendapat nilai di atas KKM adalah 24% ada 8 siswa. 12288 12288 12288 Hal ini disebabkan pada pembelajarn PKn guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jwab karena jarang sekali mengunakan model pembelajarn yang inovatif. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan penggunaan model snowball throwing dalam pembelajarn PKn (2) meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian dikatakan berhasil jika sudah mencapai ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditentukan. 12288 12288 12288 Berdasarkan uraian di atas maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 dengan penerapan model snowball throwing. Dan peneliti mengarapkan agar modell Snowball Throwing bisa dipakai oleh peneliti lain dalam memperbaiki pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105014

Actions (login required)

View Item View Item