Meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode brainstorming bagi siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar / Marta Kristy Herluly - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode brainstorming bagi siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar / Marta Kristy Herluly

Herluly, Marta Kristy (2014) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode brainstorming bagi siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar / Marta Kristy Herluly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Herluly Marta K. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Brainstorming Bagi Siswa Kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suminah S.Pd M.Pd dan Pembimbing (II) Suwarti S.Pd M.Pd. Kata Kunci hasil belajar ips metode brainstorming. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengamatan awal peneliti adalah didalam proses pembelajaran IPS di kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar diperoleh beberapa permasalahan antara lain (1) Mata pelajaran IPS yang diajarkan oleh guru menurut siswa sangat membosan karena mata pelajaran IPS bersifat menghafal konsep-konsep (2) siswa kurang berminat dengan mata pelajaran IPS (3) siswa bosan karena guru mengunakan metode ceramah (4) motivasi belajar siswa kurang (5) Siswa kurang diberi kesempatan dalam mengembangkan ide dan pikirannya. Dampaknya dari 38 siswa yang tuntas belajar sebanyak 10 siswa (26 %) dan siswa yang belum tuntas 28 siswa (74 %). Hal ini disebabkan guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional yaitu menggunakan metode ceramah siswa bosan pembelajaran kurang bervariasi aktivitas guru lebih dominan dari pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan metode Brainstorming (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian deskripsitif kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelakanaan observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes lembar hasil observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar. Ini terbukti peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa juga meningkat dari setiap pertemuan atau siklus. Dari pra tindakan siswa yang tuntas 10 dengan persentase 26% pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 siswa dengan persentase 63% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 38 siswa dengan persentase 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar. Oleh karena itu disarankan kepada guru dan pihak sekolah agar menggunakan metode Brainstorming untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105012

Actions (login required)

View Item View Item