Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran berbasis masalah di SDN Turi 01 Kota Blitar / Abdul Haris Taponsabi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran berbasis masalah di SDN Turi 01 Kota Blitar / Abdul Haris Taponsabi

Taponsabi, Abdul Haris (2014) Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran berbasis masalah di SDN Turi 01 Kota Blitar / Abdul Haris Taponsabi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taponsabi Abdul Haris. 2014 Peningkatan hasil belajar PKn Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H.Hadi Mustofo MPd (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd Kata Kunci hasil belajar PKn pembelajaran berbasis masalah 12288 12288 12288 12288 Pengamatan di SDN Turi 01 kelas IV pada mata pelajaran PKn siswa belum memahami cara dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya perlu belajar PKn dapat dugunakan untuk memecahkan suatu masalah. Oleh sebab itu pembelajaran PKn hendaknya mulai dengan pengenalan suatu masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Untuk menciptakan suatu pembelajaran yang sesuai dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk melatih memecahkan suatu permasalahan yaitu dengan menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah pada kelas IV di SDN Turi 01 Kota Blitar. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Turi 01 Kota Blitar. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan desaian penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini adalah kolaboratif dimana penulis bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu guru kelas. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan dalam memecahkan suatu masalah dan hasil belajar siswa. Rata-rata keterampilan dalam memecahkan masalah pada pra tindakan mencakup 11.4% meningkat menjadi 69.2% pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 77%. Sedangkan hasil belajar yang diperoleh setelah kegiatan dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar pada pra tindakan adalah 58.2% meningkat menjadi 85% pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 84%. sedangkan ketercapain belajar secara klasikal pada pra tindakan 44% meningkat menjadi 66.7% dan pada pertemuan ke dua meningkat menjadi 85.2% 12288 12288 12288 12288 Berdasrkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah hasil belajar PKn Siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar. Disarankan kepada siswa untuk menciptakan pembelajaran dengan menghadirkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105006

Actions (login required)

View Item View Item