Peningkatan hasil belajar PKn melalui model snow ball throwing pada siswa kelas V SDN Tanggung 2 KJota Blitar / Frangky Laim - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model snow ball throwing pada siswa kelas V SDN Tanggung 2 KJota Blitar / Frangky Laim

Laim, Frangky (2014) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model snow ball throwing pada siswa kelas V SDN Tanggung 2 KJota Blitar / Frangky Laim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laim Frangky. 2014. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Snow Ball Throwing Pada Siswa Kelas V SDN Tanggung 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi jurusan Kependidikan Sekolah dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah M.Pd (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd Kata Kunci peningkatan hasil belajar pkn model Snow Ball Throwing 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil obeservasi yang peneliti lakukan di kelas V pada waktu pembelajaran PKn terdapat (1) guru menggunakan metode ceramah yang dominan sehingga siswa kurang aktif (2) siswa kurang berkonsentrasi dalam belajar terbukti pada waktu pembelajaran ada yang bermain sendiri mengantuk pada saat guru menjelaskan materi (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran (4) suasana belajar kurang menyenangkan terlihat siswa malas mengikuti pembelajaran (5) selama pembelajaran siswa tidak secara berkelompok melainkan belajar secara individu sehingga tidak ada diskusi (6) hasil belajar yang diperoleh 11 siswa dari jumlah keseluruhan 23 siswa yang hasil belajarnya dibawah KKM sehingga mereka belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran PKn melalui model Snow Ball Throwing dikelas V (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model Snow Ball Throwing dikelas V. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumennya terdiri dari lembar observasi aktivitas guru maupun siswa dan tes akhir. 12288 12288 12288 Hasil penelitian dengan menggunakan model Snow Ball Throwing dapat mendeskripsikan aktivitas siswa dengan baik terlihat kenaikan disetiap siklus. Nilai observasi siswa pada pratindakan 67% siklus I pertemuan I mencapai 71% dan pertemuan II mencapai 79%. Pada siklus II pertemuan I mencapai 82% dan pertemuan II mencapai 86%. Hasil belajar siswa dapat dapat mengalami peningkatan terlihat dari siklus I ke II. Pada siklus I pertemuan I yang tuntas 11 siswa dan yang belum tuntas 12 siswa dan pada siklus I pertemuan II yang tuntas 16 siswa dan 7 siswa yang belum tuntas. Sedangkan siklus II pertemuan I yang tuntas 20 siswa dan yang belum tuntas 3 siswa pada siklus II pertemuan II yang tuntas 22 siswa dan yang belum tuntas 1 siswa. 12288 12288 12288 Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model snow ball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari jumlah siswa 23 ada 22 siswa sudah tuntas akan tetapi ada 1 siswa yang belum tuntas karena mengalami kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105005

Actions (login required)

View Item View Item