Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model inkuiri yurisprudensial pada siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Barteck Efraim Romkeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model inkuiri yurisprudensial pada siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Barteck Efraim Romkeni

Romkeni, Barteck Efraim (2014) Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model inkuiri yurisprudensial pada siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Barteck Efraim Romkeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Romkeni Barteck Efraim 2014. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Inkuiri Jurisprudensial Pada Siswa Kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd M.Pd (II) Suwarti S.Pd M.Pd Kata Kunci hasil belajar pendidikan kewarganegaraan model inkuiri jurisprudensial. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi didapatkan hasil bahwa metode yang digunakan guru kurang menarik sehingga membuat siswa bosan dapatdilihat dari 38 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM 44% (16 siswa) dan yang mendapatkan nilai di bawah KKM 56% (22 siswa). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model inkuiri jurisprudensial pada mata pelajaran PKn dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Turi02 Kota Blitar. 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan adalah (1) lembar observasi aktivitas guru (2) lembar observasi aktivitas siswa (3) lembar wawancara untuk guru (4) lembar wawancara untuk siswa. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pra tindakan mencapai 32 % (14 siswa) pada siklus I pertemuan 1 mencapai 38 % (15 siswa). Siklus I pertemuan 2 mencapai 58% (25 siswa) dan siklus II mencapai 78% (33 siswa). Nilai aktivitas siswa dari siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan klasikal 42% (16 siswa) pada pertemuan 2 persentase klasikal 79% (30 siswa). Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal 82% (31 siswa). Nilai aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I pertemuan 1 persentase keberhasilan mencapai 54% pertemuan 2 mencapai 83 % siklus II mencapai 92%. Hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model inkuiri jurisprudensial dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar PKn dan aktivitas siswa di kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104997

Actions (login required)

View Item View Item