Persepsi guru tentang evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di Gugus 8 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Darmaji Tama Subagya - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di Gugus 8 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Darmaji Tama Subagya

Subagya, Darmaji Tama (2014) Persepsi guru tentang evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di Gugus 8 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Darmaji Tama Subagya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Subagya Darmaji Tama. 2014. Persepsi Guru Tentang Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Gugus 8 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Pra sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar. S.Pd. M.Si. (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci evaluasi kurikulum 2013 persepsi 12288 12288 12288 12288 Evaluasi merupakan kegiatan sistematis dan berkelanjutan dalam membuat keputusan berdasarkan kriteria tertentu tentang kualitas sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran. Pada kurikulum 2013 kegiatan evaluasi pembelajaran menitikberatkan pada asesmen autentik. Jenis asesmen autentik ada 4 yaitu penilaian kinerja penilaian proyek penilaian portofolio dan penilaian tulis. Hadirnya kurikulum 2013 dengan pencirian 4 jenis asesmen autentik tersebut menimbulkan respon yang beragam bagi pelaksana pendidikan di sekolah. Setiap respon yang muncul berkaitan dengan bangunan persepsi setiap pelaksana kurikulum tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di Gugus 8 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 responden yang diambil dengan teknik proposional Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk menggali data adalah melalui kuesioner tertutup yang dikembangkan oleh peneliti. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan responden dalam memahami evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 khususnya tentang jenis asesmen autentik sebagai berikut penilaian kinerja mencapai 72% yang berarti kategori baik penilaian proyek mencapai 70% yang berarti kategori baik penilaian portofolio mencapai 58% yang berarti kategori cukup dan penilaian tulis mencapai 46% yang berarti kategori cukup. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang evaluasi pembelajaran di Gugus 8 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang masuk dalam kategori cukup. Dari empat jenis asesmen autentik hanya penilaian kinerja dan proyek yang sudah dipahami dua yang lainnya belum. Saran bagi organisasi KKG dan KKS adalah agar membuat kegiatan pelatihan atau seminar yang berhubungan dengan meningkatkan pemahaman guru tentang asesmen autentik khususnya jenis portofolio dan tulis. Penelitian ini mencakup wilayah yang cukup sempit saran bagi peneliti lain agar melakukan penelitian dalam wilayah yang cukup luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104996

Actions (login required)

View Item View Item