Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas V SDN Turi 01 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar / Ahmad Serfuy - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas V SDN Turi 01 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar / Ahmad Serfuy

Serfuy, Ahmad (2014) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas V SDN Turi 01 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar / Ahmad Serfuy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Serfuy Ahmad. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas V SDN Turi 01 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd (2) Dra. Widayati M.H Kata Kunci Hasil Belajar Model Think Pair Share 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V pada waktu pembelajaran IPS terdapat (1) guru menggunakan metode ceramah yang dominan sehingga siswa kurang aktif. (2) siswa kurang berkonsentrasi dalam belajar hal ini terbukti saat pembelajaran ada sebagian siswa yang bermain sendiri dan mengantuk saat guru menjelaskan materi. (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran. (4) selama pembelajaran siswa tidak belajar secara kelompok melainkan belajar secara individu. Pada pembelajaran IPS KKM yang ditentukan yaitu 70. Ada 24 siswa dari jumlah keseluruhan 32 siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM sehingga belum mencapai ketuntasan belajar. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share pada IPS kelas V sudah baik. Hal ini didukung dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada model think pair share. Hasil belajar siswa meliputi aspek aktivitas belajar siswa dan nilai akhir siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada tahap pra tindakan mencapai 52 5% persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 mencapai 52 06% pertemuan ke-2 mencapai 64 46% sehingga dari pra tindakan sampai siklus I pertemuan ke-2 sebesar 11 96%. Pada siklus II pertemuan ke-1 presentase aktivitas siswa mencapai 71 15% pertemuan ke-2 mencapai 81 75%. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17 29%. Secara keseluruhan terjadi peningkatan dari pratindakan sampai siklus II sebesar 29 25%. 12288 12288 12288 Pada aspek nilai akhir siswa pada tahap pra tindakan mencapai 57 65% siklus I pertemuan ke-1 mencapai 63 03% pertemuan ke-2 mencapai 71 15%. Sehingga dari pra tindakan sampai sikus I mengalami peningkatan sebesar 14 5%. Pada siklus II pertemuan ke-1 mencapai 71 09% pertemuan ke-2 mencapai 80 96%. Hal ini menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklusII sebesar 8 81 %. Sehingga terjadi peningkatan dari pra tindakan samapi siklus II sebesar 23 31%. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas V SDN Turi 01 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar untuk menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Hal ini dikarenakan model pembelajaran think pair share merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang berbasis pada diskusi kelas dengan kelompok berpasangan. Diharapkan dengan model pembelajaran think pair share ini siswa dapat mengembangkan kerja sama berani mengungkapkan gagasan dan berlatih untuk berfikir kritis dalam menanggapi suatu permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104994

Actions (login required)

View Item View Item