Boger, Kornelia (2014) Peningkatan hasil belajar IPS dengan model Problem Basic Instruction (PBI) kelas IV SDN Pakunden 02 Kota Blitar / Kornelia Boger. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kornelia Boger . 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Model Problem Basic Instruction (PBI) Kelas IV SD Negeri Pakunden 02 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof.Dr.H.M.Zainuddin M.Pd (II) Drs.Sunyoto S.Pd.M.Si Kata Kunci hasil belajar IPS model Problem Basic Instruction (PBI) 12288 12288 12288 Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SD Negeri Pakunden 02 tergolong masih rendah. hal tersebut diantaranya disebabkan model pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. pembelajaran di SD jika hanya disampaikan melalui ceramah akan sulit diterimah oleh siswa dan membosankan. dalam hal ini diperlukan oleh seorang guru untuk mempertimbangkan model pembelajaran lain yang efektif dan tepat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.salah satu model pembelajaran yang dicobakan melalui penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Basic Instruction (PBI). 12288 12288 12288 Pada dasarnya Problem Basic Instruction (PBI) sebagai model pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan guru agar siswa memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. kemampuan tersebut diperoleh siswa melalui pengalaman belajar sehingga memiliki kemampuan mengorganisir informasi yang ditemukan membuat laporan dan menuliskan apa yang ada dalam pikirannya dan selanjutnya dituangkan secara penu dalam tugas- tugasnya. 12288 12288 12288 Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Basic Instruction (PBI) (2) bagaimana keaktifan siswa saat pembelajaran IPS dengan peningkatan model pembelajaran Problem Basic Instruction (PBI) . Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Basic Instruction (PBI) (2) Mendeskripsikan keaktifan siswa saat pembelajaran IPS dengan peningkatan model pembelajaran Problem Basic Instruction (PBI). 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara peneliti memberikan tugas berupa penyelesaian suatu permasalahan 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Basic Instruction (PBI) kemampuan siswa dalam menyampaikan materi di depan kelas dan belajar mandiri di rumah dapat ditingkatkan. Selain itu siswa menjadi lebih berani mengemukakan pendapat dan dapat menerapkan IPS dalam kehidupan bermasyarakat. variasi peningkatan Model pembelajaran ini dapat jug menghindari kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan siswa kelas IV nilai rata-ratanya meningkat pada siklus I yaitu 75 25 menjadi berkisar 75% pada siklus II. 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104992 |
Actions (login required)
View Item |