Peningkatan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran pakem pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Yosefina Subaiubun - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran pakem pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Yosefina Subaiubun

Subaiubun, Yosefina (2014) Peningkatan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran pakem pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Yosefina Subaiubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Subaiubun Yosefina. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Model Pembelajaran PAKEM Pada Siswa Kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Mustofa M. Pd (II) Drs. Santosa Yoewono S.Pd. Kata kunci prestasi belajar ips model Pakem 12288 12288 12288 Berdasarkan wawancara pada pratindakan proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang melatih siswa dalam mengembangkan keaktifan kreatifitas keefektifan dan pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu pula guru cenderung lebih dominan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa jenuh dan bosan. Skor rata- rata prestasi belajar siswa pada tahap pratindakan sebesar 63 dengan persentase sebesar 34%. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS melalui model PAKEM pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar. 12288 12288 12288 Model pembelajaran PAKEM merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan ketrampilan sikap dan pemahaman dengan mengutamakan belajar sambil bekerja guru menggunakan berbagai sumber belajar dan alat bantu termasuk pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar agar pembelajaran lebih menarik menyenangkan dan efektif 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar observasi aktifitas guru lembar observasi aktifitas siswa. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan 1siswa yang sudah meningkat hasilnya berjumlah 13 siswa atau 43% dari jumlah 30 siswa siswa yang belum meningkat sejumlah 17 siswa atau 57% dari 30 siswa. Sedangkan pada siklus I peretemuan 2 siswa yang sudah meningkat hasilnya berjumlah 23 siswa atau 76% dari jumlah 30 siswa siswa yang belum meningkat berjumlah 7 siswa atau 23% dari 30 siswa. Jumlah ketuntasan keseluruhan antara siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu 59%. Pada siklus II menunjukan bahwa siswa yang sudah meningkat sejumlah 27 siswa atau 90% dari jumlah 30 siswa siswa yang belum meningkat 3 siswa atau 10% dari 30 siswa. Dengan demikian penerapan model PAKEM dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dalam meningkatkan prestasi belajar guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model PAKEM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104991

Actions (login required)

View Item View Item