Unwawirka, Hanok (2014) Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui lingkungan sekolah sebagai media di kelas V SDN Turi 02 Kota Blitar / Hanok Unwawirka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Unwawirka Hanok. 2014. Peningkatkan Kempuan Menulis Puisi Melalui Lingkungan Sekolah Sebagai Media di Kelas V SDN Turi 02 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd Kata kunci menulis puisi pengamatan lingkungan Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran menulis puisi yaitu guru belum menerapkan metode maupun strategi pembelaaran yang tepat sehingga siswa merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran ketertarikan siswa dalam membuat puisi kurang dan cenderung apatis siswa kurang mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya secara efektif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pengamatan lingkungan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Turi 02 Kota Blitar dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Turi 02 Kota Blitar melalui pengamatan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari satu Siklus. Tiap pertemuan pada siklus I dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpuln data dilakukan dengan observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu (1) nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SDN Turi 02 Kota Blitar pada tahap pratindakan sebesar 65 siklus I pertemuan1 sebesar 74 dan siklus I pertemuan 2 sebesar 79 (2) penilaian hasil dalam pemeblajaran menulis puisi pada siswa kelas V SDN Turi 02 Kota Blitar persentase ketuntasan belajar siswa pada tahap pratindakan sebesar 30% siklus I pertemuan 1 sebesar 79% dan siklus I pertemuan 2 sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi melalui pengamatan lingkungan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi baik menentukan diksi (pemilihan kata) menggunakan ejaan yang tepat mengembangkan ide dan menyesuaikan isi puisi dengan judul. Pembelajaran menulis puisi dapat tercapai dengan menerapkan pengamatan lingkungan. Untuk itu diharapkan dalam proses pembelajaran menulis puisi hendaknya guru menerapkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dapat berhasil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104990 |
Actions (login required)
View Item |