Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STATD) bagi siswa kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar / Olviana Mangar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STATD) bagi siswa kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar / Olviana Mangar

Mangar, Olviana (2014) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STATD) bagi siswa kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar / Olviana Mangar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mangar Olviana. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD ) Bagi Siswa Kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar. Skripsi SI PGSD jurusan Kependidikan Sekolah dasar dan Prasekolah. FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah S.Pd. M.Pd (II) Dra Tri Murti S.Pd M.Pd Kata kunci peningkatan hasil belajar ips model stad 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pelajaran IPS di kelas V SDN Kauman 01 diperoleh nilai sangat rendah dari 14 siswa hanya ada 3 siswa yang mendapat nilai di diatas KKM sedangkan 11 siswa dinyatakan belum yang tuntas belajar. Hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah sehingga menjadi bosan tidak bersemangat malas dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalaan tersebut diperlukan adanya perbaikan dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan model STAD di kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dikelas V. 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes observasi dokumentasi catatan lapangan dan instrumen. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pratindakan hanya ada 3 siswa yang sudah mencapai KKM. Hal ini berarti 21% siswa yang tuntas belajar. Setelah melaksanakan model STAD dalam pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 aktivitas belajar siswa mencapai 35% kemudian menigkat lagi ke siklus I pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat mencapai 57% dan pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 100%. Dari pratindakan 21% ke siklus I pertemuan 1 yaitu %35. Dan mengalami peningkatan lagi ke siklus I pertemuan 2 menjadi 57% dari siklus I ke siklus II yaitu mencapai 100%. Dari 14 siswa semua siswa tuntas dalam belajar siswa 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SDN Kauman 01 Kota Blitar. Dengan demikian hendaknya guru dapat melaksanakan model STAD dalam pembelajaran IPS untuk memperbaiki hasil belajar siswa dalam menguasi materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104988

Actions (login required)

View Item View Item