Peningkatan hasil belajar PKn melalui pendekatan paikem pada siswa kelas Iv SDN Kauman 01 Kota Blitar / Yuliana Yohana Ngebursian - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui pendekatan paikem pada siswa kelas Iv SDN Kauman 01 Kota Blitar / Yuliana Yohana Ngebursian

Ngebursian, Yuliana Yohana (2014) Peningkatan hasil belajar PKn melalui pendekatan paikem pada siswa kelas Iv SDN Kauman 01 Kota Blitar / Yuliana Yohana Ngebursian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ngebursian Yuliana Yohana 2014. Peningkatan hasil belajar PKn Melalui Pendekatan PAIKEM Pada Siswa Kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si (2) Dra Yuliwidiati S.Pd. Kata Kunci hasil belajar pkn pendekatan paikem 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran PKn kelas IV di SDN Kauman 01 Kota Blitar guru masih menggunakan pembelajaran tradisional. Dalam pembelajaran PKn yang selama ini berlangsung guru hanya menjelaskan materi yang ada pada buku paket kemudian guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi. Kondisi yang ada dalam kelas tidak kondusif untuk siswa belajar siswa ramai dan tidak berfokus pada apa yang disampaikan oleh guru. Akibat dari hal tersebut hasil belajar yang diperoleh dari hasil observasi dalam kegiatan pra tindakan adalah 65 padahal KKM kelas yang seharusnya adalah 70. Dari hal tersebut memberikan informasi bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn belum maksimal. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran dalam mata pelajaran PKn perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PAIKEM. Hal ini karena dengan pendekatan PAIKEM siswa akan dapat mencari sendiri pengertian dari materi yang akan dicapai tujuan pembelajarannya sehingga diharapkan dengan penggunaan PAIKEM ini akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik sebagai kelompok maupun indivudu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan PAIKEM pada pembelajaran PKn kelas IV di SDN Kauman 01 Kota Blitar (2) mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar PKn di kelas IV dengan menggunakan pendekatan PAIKEM pada SDN Kauman 01 Kota Blitar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan model kalaboratif partisipatoris. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn di kelas IV sudah sangat baik. Hal ini didukung dengan munculnya semua aspek/komponen PAIKEM pada saat pembelajaran berlangsung. Hal itu juga diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Siklus I dan siklus II yaitu 58 62 dan 86. Dan ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 45% siklus I 60% dan siklus II 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104986

Actions (login required)

View Item View Item