Meningkatkan kemampuan menulis deskripsi melalui media gambar pada siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar / Nining Mariana F Unawekla - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menulis deskripsi melalui media gambar pada siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar / Nining Mariana F Unawekla

Unawekla, Nining Mariana F (2014) Meningkatkan kemampuan menulis deskripsi melalui media gambar pada siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar / Nining Mariana F Unawekla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nining Mariana F. Unawekla. Peningkatan kemepuan menulis deskripsi melalui media gambar pada siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar. Skripsi jurusan kependidikan sekolah dasar fakultas ilmu pendidikan universitas negeri malang. Dosen pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Drs. Suhel Madyono M.Pd. Kata Kunci menulis deskripsi media gambar. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal kemempuan siswa dalam menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar tidak sesuai dengan harapan. Banyak siswa menyatakan bahwa menulis deskripsi adalah hal yang sulit sulit dalam mendeskripsikan gambar dan kemudian membuat sebuah karangan yang utuh. Sehingga hasil belajarnya kurang baik guru juga tidak memberikan arahan yang lebih mendalam pada siswa dalam menulis deskripsi menggunakan media gambar. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagaii berikut (1) Bagaimana penerapan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar. (2) Apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan menulis karangan (2) mendeskripsikan media gambar pada siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan menggunakan jenis penelitian tindakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Tahap pelaksanaan meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian data diambil dari seluruh aktivitas siswa adapun pengumpulan data diambil dari observasi penggunaan ejaan dan tanda baca pendeskripsian. Prosedur penelitian ini melalui tahapan pratindakan siklus I dan dilanjutkan pelaksanaan siklus II. 12288 12288 12288 12288 12288 Penggunaan media gambar dalam menulis deskripsi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Nilai rata-rata kemempuan awal siswa dalam menulis deskripsi adalah 71 3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 39%. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata kemempuan menulis deskripsi siswa meningkat menjadi 79. Pada siklus II nilai yang di peroleh semakin meningkat dengan ketuntasan sebasar 89 denga presentase sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu bagi para guru untuk menggunakan media gambar pada pembelajaran menulis deskripsi bagi sekolah yang lebih bekerja keras dalam meningkatkan mutu pendidikan secara kreatif dan inovatif bagi pemerintah untuk memberikan maotivasi dan sarana prasarana yang mendukung pada sekolah dan bagi peneliti laian agar menggunakan media gambar dalam penelitiannya tantang pembelajaran menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104984

Actions (login required)

View Item View Item