Peningkatan prestasi belajar matematika menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui model pakem di kjelas IV SD N Kauman 01 Kota Blitar / Gizca Elizca Kayadu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar matematika menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui model pakem di kjelas IV SD N Kauman 01 Kota Blitar / Gizca Elizca Kayadu

Kayadu, Gizca Elizca (2014) Peningkatan prestasi belajar matematika menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui model pakem di kjelas IV SD N Kauman 01 Kota Blitar / Gizca Elizca Kayadu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kayadu Gizca Elizca. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menentukan Sifat-sifat Bangun Ruang Sederhana Melalui Model PAKEM di Kelas IV SD N Kauman 01 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.H.M.Zainuddin M.Pd (II) Dra.Lilik Bintartik M.Pd Kata Kunci Prestasi Belajar Matematika Model Pakem. 12288 12288 12288 12288 Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasakan paling sulit bagi siswa sekolah dasar (SD). Maka itu para siswa sangat terbebani dalam mata pelajaran matematika khususnya pada sifat-sifat bangun ruang. Hal ini disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SD N Kauman 01 Kota Blitar pada pembelajaran Matematika materi Sifat-sifat bangun ruang diperoleh data bahwa siswa belum seluruhnya menguasai materi tersebut. Hal itu ditandai ketuntasan belajar siswa pada pratindakan sebanyak 9 siswa sedangkan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa. Jika dipersentasikan hanya 41 % siswa tuntas belajar dan 59 % siswa belum tuntas belajar dari sejumlah 22 siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi maka peneliti termotivasi melakukan penelitian Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menentukan Sifat-sifat Bangun Ruang Sederhana dengan Model PAKEM di Kelas IV SD N Kauman 01 kota Blitar . Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi pembelajaran yang baik utamanya pada mata pelajaran Matematika dengan materi sifat-sifat bangun ruang. 12288 12288 12288 12288 Dengan menggunakan model PAKEM dalam pembelajaran prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 41 % menjadi 50 % pada siklus I pertemuan I hal ini terjadi peningkatan sebesar 9 %. Pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan dari 50% menjadi 86 %. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 91 %. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 36% hal ini menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar sudah maksimal. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model PAKEM dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sifat-sifat bangun ruang mata pelajaran Matematika. Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan guru dalam menerapkan model pembelajaran yang kreatif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104979

Actions (login required)

View Item View Item