Penigkatan kemampuan berbicara melalui metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Pua Adalina Kubela - Repositori Universitas Negeri Malang

Penigkatan kemampuan berbicara melalui metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Pua Adalina Kubela

Kubela, Pua Adalina (2014) Penigkatan kemampuan berbicara melalui metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Pua Adalina Kubela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kubela Pua Adalina 2014. Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) . Drs Suhel Madyono S.Pd M.Pd (2). Dra. Yuliwidiarti S. Pd Kata kunci keterampilan berbicara metode pembelajaran diskusi 12288 12288 12288 12288 Berbicara merupakan salah satu aspek berbahasa yang bersifat produktif artinya suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menyampaikan gagasan pikiran atau perasaan sehingga gangasan-gagasan yang ada dalam pikiran pembicara dapat dipahami orang lain. Pembelajaran berbicara di sekolah belum dapat memenuhi tuntutan kegiatan berbicara yang dibutuhkan masyarakat. Pembelajaran berbicara di sekolah umumnya kurang mendapat simpati dari para siswa. Hasil observasi awal dikelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar yang terdiri dari 30 siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indinesia (1) siswa malas mengemukakan pendapat atau pertanyaan (2) siswa merasa malu atau takut berbicara pada saat belajar di kelas (3) jika disuruh berbicara tidak mampu menyampaikan ide dengan benar mereka grogi serta tidak lancar dalam berdialog dan (4) 21 siswa tidak dapat mencapai ketuntasan dalam pembelajaran keadan ini disebabkan karena siswa tidak dapat mengungkapkan pendapatnya dengan benar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Jenis penelitian menggunakan rancangan yaitu tahap pelaksanaan meliputi perencanaan tindakan (Planning) pelaksanaan tindakan (action) Pengamatan (observation) dan refleksi (reflektion). Penelitian dilaksanakan di SDN Tanggung 2 kota Blitar pada siswa kelas IV. Data dan sumber data diambil dari seluruh aktivitas pembelajaran siswa aspek yang dinilai dan hasil pembelajaran siswa. Adapun pengumpulan data diambil dari hasil observasi wawancara tes dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini melalui tahapan pra tindakan Siklus I dan dilanjutkan Pelaksanaan siklus II. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman Analisis Paragraf pada siswa kelas IV SDN Tanggung 2 kota Blitar melalui metode diskusi. Peningkatan Pemahaman kemampuan berbicara menjadi lebih baik secara individu maupun klasikal. Peningkatan rata-rata prestasi belajar peserta didik secara individu pada pratindakan yaitu 15 60 meningkat menjadi 2060 pada siklus I kemudian dari siklus I yaitu 2060 meningkat menjadi 2461 pada siklus II. Sedangkan secara klasikal pada pratindakan yaitu 35% meningkat menjadi 7% pada siklus I kemudian dari siklus I yaitu 78% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Sehingga ada 25 peserta didik yang tidak tuntas pada pra tindakan ada 9 peserta didik yang tidak tuntas pada siklus I dan 8 peserta didik yang tidak tuntas pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu bagi para guru agar dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam kemampuan berbicara dapat mengunakan metode diskusi dapat menerapkan demi meningkatkan mutu pendidikan dan pola berfikir siswa. Dan bagi peneliti lain untuk menjelaskan kemampuan berbicara hendaknya menggunakan cara pembelajaran dengan pembelajaran metode diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104977

Actions (login required)

View Item View Item