Penerapan pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perbandingan dan skala kelas V MI Nabatul Ulum Kediri / Kharisa Oktavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perbandingan dan skala kelas V MI Nabatul Ulum Kediri / Kharisa Oktavia

Oktavia, Kharisa (2014) Penerapan pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perbandingan dan skala kelas V MI Nabatul Ulum Kediri / Kharisa Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktavia Kharisa. 2014. Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan dan Skala Kelas V MI Nabatul Ulum Kediri. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Pemecahan Masalah Aktivitas Hasil Belajar Soal Cerita Perbandingan dan Skala. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan ditemukan bahwa guru dalam membelajarkan penyelesaikan soal cerita belum membelajarkan langkah-langkah penyelesaian masalah secara sistematis. Hal ini ditunjukkan dengan guru tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan soal pada saat membelajarkan penyelesaian soal cerita. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan memahami soal dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah/soal rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan Pembelajaran Pemecahan Masalah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (2) aktivitas siswa kelas V MI Nabatul Ulum selama pembelajaran dan (3) hasil belajar siswa kelas V MI Nabatul Ulum pada materi perbandingan dan skala. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kolaboratif. Pengumpulan data menggunakan teknik tes observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi soal tes dan alat dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa kelas V MI Nabatul Ulum Kediri yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. 12288 12288 12288 12288 Hasil penerapan pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perbandingan dan skala sebagai berikut (1) pelaksanaan pembelajaran/aktivitas guru sudah terlaksana dengan baik (2) aktivitas siswa mengalami peningkatan siklus I sebesar 73 77 dan meningkat menjadi 81 57 pada siklus II (3) hasil belajar siswa juga meningkat nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75 15 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62 5% nilai rata-rata meningkat menjadi 80 58 pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 77 5%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perbandingan dan skala. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran pemecahan masalah dengan mengembangkan masalah agar siswa dapat mentransfer ke dalam masalah/soal yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104975

Actions (login required)

View Item View Item