Rifayanti, Indah (2014) Penerapan model Whole Brain Teaching untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V di SDI Plus Al-Azhar Kota Malang / Indah Rifayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rifayanti Indah. 2014. Penerapan Model Whole Brain Teaching untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDI Plus Al-Azhar Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci Whole Brain Teaching Pembelajaran IPA SD. 12288 12288 12288 12288 Whole Brain Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu menfokuskan perhatian siswa pada pembelajaran melalui kegiatan yang bervariasi dengan memadukan aspek visual verbal dan kinestetik. Dari hasil observasi awal diperoleh temuan bahwa guru telah mengelola kelas dengan baik namun aktivitas masih terpusat pada guru dan pembelajaran lebih banyak dilaksanakan dengan penjelasan dan tanya jawab. Suasana pembelajaran kurang menyenangkan dan siswa cenderung pasif akibatnya hasil belajar siswa kurang optimal sebesar 65 3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 33 3%. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan penerapan model Whole Brain Teaching dalam pembelajaran IPA di kelas V SDI Plus Al-Azhar Malang 2) aktivitas siswa dan 3) hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Pada setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada materi daur air dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDI Plus Al-Azhar yang berjumlah 12 anak. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan pembelajaran dengan Whole Brain Teaching telah dilakukan guru sesuai dengan langkah yang direncanakan yaitu Class-Yes Micro Lecture Teach-Oke Score Board hand and Eyes dan Comprehension Check. Aktivitas belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata sebesar 69 5% di siklus I menjadi 77 75% di siklus II. Hasil belajar siswa meningkat menjadi 68 25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 45 66% di siklus I dan meningkat menjadi 79 67 dengan ketuntasan klasikal mencapai 83 33% di siklus II. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Whole Brain Teaching dapat meningkatkan pembelajaran IPA di SD dengan indikasi ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan agar guru berusaha meningkatkan variasi pembelajaran yang menyenangkan siswa dengan menerapkan model Whole Brain Teaching pengaturan ruang gerak siswa dalam beraktivitas lebih diperhatikan untuk mengoptimalkan penggunaan model Whole Brain Teaching sebagai alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104972 |
Actions (login required)
View Item |