Penerapan metode membaca terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III SDN II Wonorejo Kabupaten Tulungagung / Isna Khuni Mu'alimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode membaca terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III SDN II Wonorejo Kabupaten Tulungagung / Isna Khuni Mu'alimah

Mu'alimah, Isna Khuni (2014) Penerapan metode membaca terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III SDN II Wonorejo Kabupaten Tulungagung / Isna Khuni Mu'alimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mu alimah Isna Khuni. 2014. Penerapan Metode Membaca Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas III SDN II Wonorejo Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd. Kata Kunci Metode membaca terbimbing kemampuan literasi literasi membaca SD. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil wawancara dan observasi siswa kelas III di SDN II Wonorejo Kabupaten Tulungagung masih kurang dapat mengikuti kegiatan membaca dengan lancar. Siswa mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode membaca terbimbing dan mendeskripsikan kemampuan literasi membaca siswa kelas III SDN II Wonorejo Kabupaten Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN II Wonorejo Kabupaten Tulungagung sebanyak 24 siswa dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini berupa data aktivitas guru dalam menerapkan metode membaca terbimbing data kemampuan literasi berupa hasil tes yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran dan data aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data penyajian data dan penyimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penerapan metode membaca terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III SDN II Wonorejo kabupaten Tulungagung sebagai berikut. Pelaksanaan pembelajaran/aktivitas guru sudah terlaksana dengan baik nilai rata-rataaktivitas membaca siswa mengalami peningkatan siklus I sebesar 70 55 dan meningkat menjadi 75 5 pada siklus II kemampuan literasi siswa juga meningkat nilai rata-rata pada siklus I sebesar 69 95 dan meningkat menjadi 85 58 pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa pernerapan metode membaca terbimbing dapat berhasil dengan baik. Kemampuan literasi siswa kelas III SDN II Wonorejo juga meningkat setelah dilaksanakannya metode membaca terbimbing.Dalam menerapkan metode membaca terbimbing disarankan kepada guru agar menggunakan media untuk meningkatkan keantusiasan siswa ketika tahap pra-baca. Bagi dunia pendidikan metode membaca terbimbing dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran membaca. Bagi para peneliti betapapun sederhana penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan atau titik awal penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104969

Actions (login required)

View Item View Item